Translate

Jumat, 14 Juli 2017

PES 2017 - Bisakah Intel HD 4000 Memainkannya?

PES 2017 - Bisakah Intel HD 4000 Memainkannya?


PES 2017.

PES 2017 merupakan sequel dari PES 2016 dan dapat Kami katakan, PES 2017, membawa perubahan yang cukup terlihat. Kami pernah menulis tentang pengaturan PES untuk Intel HD Graphics, selengkapnya bisa Kalian baca DISINI!. Kalian yang sedang kebingungan mencari pengaturan yang tepat bisa mampir kesana. Baik. Kita langsung saja yuk.

Masing - masing laptop, tergantung laptop yang digunakan, terdapat opsi 'Graphics Properties... (Intel HD series), NVidia Control Panel (GeForce series) atau Graphics Properties/Configure Switchable Graphics (Radeon HD/R series). Bila opsi - opsi tersebut tidak ada, Kami pastikan, Kalian belum memasang driver graphicsnya. Sudah dipasang kok, di Default Programs ada. Coba masuk BIOS dan atur preferred graphicsnya ke internal kemudian reinstall driver graphicsnya. Masalah tersebut juga sering terjadi di laptop dengan Dua Chips Graphics Intel dan Radeon.

➲ Pertama - tama masuk ke Graphics Properties Intel HD, selengkapnya DISINI! dan ikuti semua pengaturannya.
➲ Bagi laptopnya yang tidak dibekali dua chip grafis, abaikan poin ini namun bagi laptopnya yang dipersenjatai dua chip grafis Intel dan Radeon, pengaturannya ada DISINI! dan bagi laptopnya yang mengusung dua chip grafis Intel dan NVidia, ikuti gambar dibawah ini.
Buka NVidia Control Panel lalu arahkan ke Manage 3D settings. Pada opsi Global Settings, beri nilai ke integrated graphics.
Beralihlah ke opsi Program Settings dan pastikan PES 2017 bernilai use global setting (integrated graphics).
Karena PES bukanlah permainan yang mendukung PhysX dan tutorial kali ini adalah menggunakan seluruh kemampuan iGPU untuk memainkan PES maka beri nilai GeForse series pada opsi PhysX processor.
➲ Sekarang Kita lihat yuk hasilnya.
Setelah mengikuti poin - poin diatas, seharusnya informasi pengaturan PES 2016 dan PES 2017 menunjukkan GPU Intel HD series. Inilah yang Kami maksud dengan perubahan pada PES. Dengan setingan diatas, PES 2017 berhasil membaca SHARED Syatem Memory. Ingat! SHARED. Sementara PES 2016 hanya bisa membaca DEDICATED Video Memory/VRAM. Di laptop, Integrated GPU Intel HD, hanya debekali VRAM beberapa MB saja.

Sampai disini sudah paham? Bila ada yang ingin ditanyakan, ajukan di kolom komentar ya. Baik. Poin - poin diatas tetap tidak memberikan pengaturan resolusi lebih dari 720p dan membuka picture quality medium bahkan high. Kalau bagi Kami, untuk apa high. Bermain PES bersama kawan dengan keseruan yang tinggi dan ditemani espresso, Kami sudah lupa bahkan tidak peduli bila resolusi PES yang Kami mainkan hanya 720p dan picture qualitynya low. Sekarang Kami ajak Kalian untuk melihat beberapa gambar dibawah ini.


Gambar diatas adalah spesifikasi laptop yang Kami gunakan. O iya. Perlu Kalian ketahui, Intel HD 4000 termasuk ke dalam keluarga Intel Graphics Ivy Bridge. Selain HD 4000, HD 2500 juga termasuk ke dalam keluarga Ivy Bridge. Namun HD 2500 hanya dapat dijumpai di platform desktop, sebaliknya, HD 4000 hanya dapat dijumpai di platform laptop. Dan dapat Kami sampaikan HD 2500 Ivy Bridge lebih baik dari HD 2000 Sandy Bridge bahkan HD 3000 Sandy Bridge. Seperti HD 2500, HD 2000 juga hanya dapat dijumpai di platfom desktop. Sementara HD 3000 dapat ditemukan di platform desktop dan laptop. 2 laptop Sandy Bridge Kami, i3 2350M dan i5 2410M, sulit mendapatkan pengaturan yang pas untuk PES 2017. Menurut Kami, keterbatasan laptop Sandy Bridge yang tidak dapat dipasangkan RAM DDR3 1600MHz sebagai penyebabnya.
Gambar diatas adalah hasil benchmark PES 2017 di laptop Kami. Hasilnya cukup memuaskan.

Baik. Kesimpulan dari Kami, Intel Graphics HD 4000 pada i5 3230M dapat memainkan game PES 2017. Sampai disini dulu tulisannya. Semoga membantu dan bermanfaat.