Translate

Sabtu, 01 Oktober 2016

Pengaturan PES untuk Semua iGPU Intel HD Series

Pengaturan PES untuk Semua iGPU Intel HD Series 


Pro Evolution Soccer atau yang biasa Kita singkat dengan PES kini telah mencapai seri musim 2016 - 2017. PES setiap tahun akan dirilis dan diperbarui mengikuti dunia persepak bolaan. Selain PES, ada satu lagi permainan serupa dengan PES dan juga tidak kalah populernya yaitu FIFA. Sama halnya dengan PES. FIFA setiap tahun selalu diperbarui dan ada kabar baik buat Kamu pencinta permainan FIFA. Tepat tanggal 27 September 2016 kemarin. FIFA 2017 resmi diluncurkan.

PRO EVOLUTION SOCCER 2016.

Berbeda dengan FIFA, PES jauh lebih terkenal karena permainan PES atau Pro Evolution Soccer tergolong permainan 'murah meriah' maksudnya PES tidak membutuhkan persyaratan piranti perangkat keras yang berkelas tinggi. Menurut Kami. PES sangat ramah dengan spesifikasi, baik komputer meja maupun komputer jinjing yang beredar di Indonesia. Sementara FIFA, dipastikan setiap tahun atau setiap rilis seri musim barunya selalu disertai dengan peningkatan pesyaratan piranti perangkat keras.

'Bermain game tak selalu bicara tentang pengolah grafis atau GPU yang tangguh tapi juga bicara mengenai prosesor atau CPU yang cepat serta memori sistem atau RAM yang memadai' - Gembos NgeBlog.

Sebelumnya. Kami memberi jempol kepada Intel karena telah berhasil menciptakan solusi pengolah grafis, Intel HD, yang murah. Seperti yang Kita ketahui bersama. Dahulu di tahun 2004. Intel memperkenalkan pengolah grafis terintegerasinya yang mereka beri nama Intel GMA atau Intel Graphics Media Accelerator. Kalian yang pernah merasakan eranya komputer meja atau desktop Intel soket LGA 775 tentu sudah tidak asing lagi dengan istilah Intel GMA dan Kita sepakat jika kinerja dan fitur dari Intel GMA mempunyai reputasi yang tidak bagus. Lalu kemudian di tahun 2010. Intel memperkenalkan pengolah grafis terbarunya, sudah terintegerasi atau menjadi satu bersama prosesor dengan nama Intel HD Graphics dan disinilah kinerja grafis milik Intel tersebut laik diperhitungkan. 

Baik. Kami ajak ke pengaturannya. Sudah menjadi masalah klasik saat mengatur kualitas game PES didapati GPU dan VRAM atau Video RAM berstatus 'UNABLE'. Masalah tersebut sering dijumpai pada laptop yang hanya mengandalkan grafis terintegerasi seperti laptop AMD APU atau Intel.

Siapa yang tidak tersenyum saat mendapati hasil pembacaan game PES seperti gambar diatas tapi bisa Kami katakan itu ngawur! Kami memang sedang menggunakan komputer jinjing atau laptop LENOVO E330 Series dengan dua chip grafis (Intel HD 4000 + GeForce 610M) tapi coba perhatikan GB. 1. Disana menampilkan 'Intel HD Graphics 4000' dan mendapat nilai 'Bad'. Padahal untuk memainkan permainan tersebut hanya membutuhkan chip grafis berkemampuan PS3.0 atau Pixel Shader lev 3.0 dan DirectX 9.0c sementara Intel HD Graphics HD 4000 sudah berkemampuan PS5.0 dan DirectX 11 sedangkan VRAM atau video memory yang sebesar '992MB', Saya tegaskan VRAM Intel HD Graphics series tidak sebesar itu. Terbukti saat Kami mencoba memainkan permainan tersebut, Kami mendapati pesan seperti bisa Kalian lihat pada GB. 2.

Kita tidak bisa mengetahui besaran VRAM pada Intel HD Graphics baik melalui dxdiag.exe maupun tool GPU-Z sekalipun tapi bukan berarti tidak ada cara untuk mengetahuinya. Begini caranya, klik kanan area kosong pada desktop -> screen resolution kemudian klik opsi 'Advanced settings'. Bisa dilihat pada gambar diatas. Dedicated Video Memory 64MB dan Shared System Memory 1632MB jadi totalnya 1696MB dan hasil (Approx. Total Memory) pada dxdiag.exe pun menunjukkan angka yang sama yakni 1696MB. Total tersebutlah yang dipakai Intel HD untuk mengolah grafis dan Shared System Memory diatur oleh BIOS. Dikarenakan komputer jinjing milik Kami terpasang System Memory sebesar 8GB atau 8192MB maka BIOS tersebut mengambil 1632MB untuk dialokasikan sebagai video memory. Besaran Shared System Memory akan berbeda bila System Memory yang tersedia hanya 4096MB (4GB) atau kurang dari itu.

Jadi jika Kalian hanya ingin mengetahui mengapa GPU dan VRAM berstatus 'Unable' pada pengaturan permainan PES itu disebabkan karena pengaturan pada permainan tersebut membaca spesifikasi GPU Integrated. Pada laptop, suka tidak suka, GPU Integrated statusnya adalah primer. Tapi tenang. Selama pengolah grafisnya mendukung PS3.0 apalagi jika sudah PS4.0 bahkan PS5.0, Kami pastikan pengolah grafis tersebut sanggup untuk menjalankan permainan PES.

Baik, mari Kita lanjut ke pengaturannya.

Pengaturannya ikuti saja seperti yang terlihat pada gambar diatas. Pastikan driver grafisnya sudah diperbarui dan yang paling baru. Pastikan juga Kamu berada pada mode advanced. Jika sudah berada di mode advanced serta driver yang terpasang adalah driver paling baru tapi tampilan tetap tidak sesuai dengan gambar, kemungkinan, grafis terintegerasi laptop milik Kamu bukan Intel HD Graphics 4000 dan produsen laptop Kamu bukan LENOVO.

Tetap ikuti saja pengaturan seperti yang terlihat pada gambar diatas.

Di opsi ini Kita dimungkinkan untuk melakukan pengaturan kualitas oleh Driver atau Aplikasi. Tapi karena tujuan awalnya agar saat bermain game bisa lancar, ikuti saja sesuai dengan gambar diatas.

Di opsi ini (Power Source - Plugged in) arahkan ke 'Maximum Performance'. Ini dimaksudkan agar Intel HD Graphics mengeluarkan seluruh kemampuannya saat memainkan game sambil terhubung pada charger.

Yup. Itu tadi pengaturannya supaya dapat bermain PES dengan menggunakan iGPU Intel HD Graphics Series. Pada tulisan berikutnya. Kami akan berikan pengaturan grafis pada laptop dengan dua chip grafis lainnya. Kami sendiri masih penasaran duet antara AMD dengan Radeon. Pasalnya. APU AMD dengan Radeon, bila "disatukan" akan menghasilkan performa Dual-Graphics tapi apakah permainan PES mendukung fitur Dual-Graphics. Tunggu ya tulisan Kami berikutnya. 

Sebagai tambahan Kami berikan link daftar game yang bisa dimainkan hanya dengan menggunakan iGPU Intel HD dan Intel sendiri yang mengeluarkan daftar game - game tersebut, berikut linknya; Playable Games List for Intel HD Graphics 2000/3000 dan Playable Games List for Intel HD Graphics 2500/4000.