Cara Merubah Video di Android

Tutorial Convert Video di Android


Convert.
 Hai! Pengunjung dan pembaca setia Gembos Nge-Blog 😌. Kami telah memberikan tulisan mengenai Aplikasi Video Player yang Disarankan di Android hingga Mengenal Lebih Dalam Tentang SW, HW dan HW+ Decoder pada MX Player, tak lengkap rasanya bila Kami tidak menyajikan tulisan Cara Merubah Video di Android.

 Merubah atau biasa Kita mengenalnya dengan mengconvert, dalam hal ini adalah video, merupakan suatu tindakan penyesuaian. Biasanya dilakukan pada sebuah dan bahkan beberapa berkas video yang bila secara asal tidak dapat dimainkan menjadi bisa dimainkan.

 Selain Kalian membutuhkan informasi mengenai Aplikasi Konversi Video yang Disarankan, Kalian juga sebaiknya memahami tentang System on Chips (SoCs). Pasalnya dalam melakukan aktifitas video convert, Kalian wajib memahami tentang CODEC atau setidaknya Kalian mengetahui rincian teknis dari perangkat yang akan digunakan sebagai mesin video convert, misalnya berapa inti CPU yang digunakan dan berapa kapasitas RAMnya. Cepat lambatnya mengconvert video ditentukan oleh dua penentu tersebut.

 Rincian teknis yang dibutuhkan selain banyaknya inti CPU dan lapangnya RAM adalah arsitektur CPU yang digunakan. Perangkat mobile seperti ponsel pintar Android berbeda dengan perangkat Laptop maupun PC Desktop. Laptop/PC Desktop memiliki arsitektur x86 untuk CPU lama dan x86-64 untuk CPU generasi terbaru. Sedangkan perangkat mobile memiliki generasi arsitektur yang banyak dari ARMv1 hingga ARMv8-A. Bila Kalian gagal melakukan convert video di perangkat Android, besar kemungkinannya Kalian tidak memasang paket CODEC yang sesuai dengan arsitektur CPU yang digunakan. Jadi jangan terburu-buru memberi penilaian buruk pada sebuah aplikasi video convert ya 😋.

 Lanjut. Kami asumsikan yang membaca tulisan ini telah memahami perangkat yang dimiliki. Masih ada yang belum paham? Baca tulisan System on Chips (SoCs) - II ya.
 
Jalankan aplikasi Video Converter 3 karya aKingi.org. Kemudian pilih video yang hendak di convert dengan menyentuh 'SELECT'. Bila ingin merubah lokasi hasil convert, klik 'CHANGE'. Aplikasi Video Converter 3 mendukung perintah FFmpeg tapi untuk kali ini Kami tidak memberikan tutorial dengan perintah FFmpeg dan bila ada umur Kami panjang, Kami berikan di kesempatan berikutnya. Jika Kalian ingin parameter lengkapnya, klik 'VIDEO'.

Disana Kalian bisa menetapkan CODEC apa yang digunakan, MPEG-4, H264 atau H265 alias HEVC. Selain itu juga bisa menentukan besaran BITRATE dan FPS hingga FRAME WIDTH dan HIGHT dan juga ASPECT RATIOnya, 16:9 atau 4:3. 'Kok di Aku tidak ada CODEC H264/H265 ya?'. System on Chips yang  Kamu gunakan seperti apa? 😄 Jika sudah menentukan, klik 'SAVE' untuk menetapkan. Disini Kami menerapkan parameter seperti yang bisa dilihat pada tangkapan layar diatas.

Lalu klik 'EXECUTE' dan tunggu proses convert selesai.

Proses convertpun akhirnya selesai. Membutuhkan waktu 3m:40d dengan pengaturan diatas untuk durasi video 4m:7d beresolusi 1080P alias FullHD. Cukup lama ya. Padahal Kami melakukan convert di LENOVO A7000 Plus. Wajar karena Kami menggunakan aplikasi gratis. Kita sepakat beberapa aplikasi gratis mempunyai batasan.

 Berikut adalah parameter tambahan. Bila Kalian ingin merubah video dari 1080P ke 1280x720, Kalian masukan nilai 2500 kbps untuk Bitratenya, 1500 kbps untuk resolusi video 1024x576, 700 kbps untuk 480x270 dan 400 kbps untuk 320x240.

 Sampai disini dulu tulisan tutorial atau cara mengconvert video di Android. Semoga tulisan Kami ini bermanfaat, mencerahkan dan membantu siapa saja terutama bagi yang ingin mengconvert video.