Semua Tentang OPPO Joy R1001 (Rooting, Upgrading and Flashing)

Semua Tentang OPPO Joy R1001 (Rooting, Upgrading and Flashing) 


OPPO.
Setelah Kami membahas handheld ASUS Zenfone 4. Selengkapnya bisa Kalian simak DISINI! dan pada kesempatan kali ini. Handheld yang beruntung, yang Kami kupas tuntas adalah OPPO Joy R1001. OPPO Joy R1001 dan ASUS Zenfone 4 adalah ponsel pintar yang dikeluarkan di tahun yang sama yaitu pada 2014. Keduanya adalah ponsel pintar yang mewarnai pasar ponsel pintar entry-level di Indonesia. Terlepas dari isu baterai yang dimiliki pada ASUS Zenfone 4 tapi secara keseluruhan ponsel pintar tersebut lebih baik dari OPPO Joy R1001.

Baik Kita masuk pada topiknya tapi sebelumnya Kami pernah memberikan langkah-langkah dalam melakukan flashing OPPO Joy R1001. Oleh karenanya Kami tidak akan menuliskan kembali cara-cara tersebut dan lebih ke cara melakukan rooting, pasang custom recovery dan yang lainnya. Bahan-bahannya akan Kami berikan bila ada yang membutuhkannya. Kami akan berikan dalam bentuk torrent.

1. Rooting.


Meroot OPPO Joy R1001 tak bedanya dengan meroot LENOVO A316i. Hanya dengan sebuah aplikasi Kingo ROOT, kalian sudah bisa melakukan root dihampir semua SOCs MediaTek. Oh iya. Kami ingin menjelaskan bahwa dalam melakukan root tak harus didahului dengan memasang custom recovery seperti CWM, TWRP ataupun yang lainnya. Kami sudah melakukan terhadap beberapa ponsel pintar dengan aplikasi Kingo ROOT dan tanpa perlu memasang custom recovery, diantaranya Evercoss A10Q, LENOVO A316i, LENOVO A536 dan TREQ Call 7D. Bisa Kami simpulkan bahwa aplikasi Kingo ROOT bisa meroot semua handheld MediaTek. Qualcomm? Kami pernah mencobanya pada telepon pintar dengan Qualcomm tapi tak satupun yang membuahkan hasil.

2. Mengatasi Masalah 'Tidak Cukup Ruang pada Perangkat'.


Pernah dan sering mengalami hal tersebut? Download pembaruannya DISINI! kemudian pasang melalui stock recovery.

Setelah melakukan pembaruan melalui stock recovery, selanjutnya lakukan pembaruan melalui OTA.

Setelah melakukan pembaruan. Sekarang lihat informasi penyimpanan. Jika tampilannya sama seperti screenshoot, lanjut ke 'Lainnya'.

Kemudian pilih 'Ganti partisi'. Lalu nyalakan 'Konfirmasi penghapusan', terakhir 'OK'. Sebelum melakukan semua itu, harap melakukan back up terlebih dahulu. Dapat dilihat bersama. Kami melakukannya dalam posisi handheld masih "bersih".

3. Tweaking.


Pada tweaking kalian diwajibkan memasang CWM custom recovery. Bila root Kalian hilang akibat pemecahan masalah no.2, lakukan root ulang. Tapi bila handheld masih berstatus root dan aplikasi super user tidak ada, pasang ulang aplikasi super usernya saja melalui play store.

Unduh CWM custom recoverynya, link unduhan akan Kami berikan bila ada yang membutuhkan. Setelah di unduh. Taruh CWMnya di direktori microSD dan jangan didalam folder!.

Unduh dan pasang aplikasi Mobile Uncle dan Terminal Emulator.

Kemudian jalankan aplikasi tersebut lalu pilih 'Recovery Update' dan selanjutnya pilih file recoverynya. Lalu 'OK' dan reboot handheldnya. Cara yang sama bila Kalian ingin kembali ke stock recovery.

Selanjutnya unduh tweak Nitro X Spark. Sama seperti CWM, Taruh di direktori MicroSD dan jangan didalam folder!. Sebelum melakukan tweak. Pastikan Kalian telah menyalakan Init.d serta memasang BusyBox dan hapus tweak yang lain yang ada pada /system/etc/init.d. Intinya, tweak ini tidak bisa dipasang dengan tweak lain karena tweak ini adalah tweak all in one. Mau ZRAM? Nitro X Spark memilikinya. Bila Kalian tidak ingin tweak yang all in one dan hanya ingin tweak ZRAMnya saja, berkunjunglah kesini, sini dan sini.  

Pemasangan. Nyalakan OPPO Joy R1001nya dengan menekan tombol volume down dan power secara bersamaan. Selanjutnya menuju ke menu 'install zip from sdcard' kemudian 'choose zip from sdcard' dan arahkan ke berkas Nitro X Sparknya. Tunggu hingga proses pemasangan selesai.

Setelah pemasangan selesai. Jalankan Terminal Emulator lalu ketikkan SU dan tekan enter. Kemudian ketikkan Menu dan tekan enter lagi. Kalian tidak perlu mengetik baris perintah yang panjang, cukup ketikkan angkanya saja. Sebagai contoh. Kami ingin mengetahui informasi system. Kami cukup ketikkan 1 lalu tekan enter dan hasilnya bisa Kita lihat bersama.

4. Mengembalikan IMEI.


Baik. Rooting, sudah. Tweaking disana-sini juga sudah. Tapi IMEI hilang, SIM Card tidak terdeteksi, ironi itu namanya. Kami sebelumnya pernah memberikan cara dalam mengembalikan IMEI, selengkapnya bisa Kalian baca DISINI!. Tapi Kami merasa cara yang telah Kami berikan masih cukup rumit maka di tulisan kali ini, Kami berikan cara yang lebih mudah dalam mengembalikan IMEI.

Jalankan aplikasi Mobile Unclenya. Lalu ke 'Engineer Mode' -> 'Engineer Mode (MTK) -> 'Connectivity, CDS Information' -> 'Radio Information'. Lalu masukkan nomer IMEI 1 pada SIM1/Phone1 dan IMEI 2 pada SIM2/Phone2. Nomer IMEI tertempel pada body dalam handheld, yang letaknya dibawah baterai.

Baik. Sampai disini dulu ya tulisannya. Bila kurang jelas, jatuhkan pertanyaannya di kolom komentar. Minta link unduhan, kirim permintaanmu juga pada kolom komentar.