Mengakses Berkas Berbagi Android di Windows

Mengakses Berkas Berbagi Android di Windows 


Accessing Android File Sharing in Windows (gambar diambil dari Guiding Tech).
Mungkin terdengar lucu judul tulisan Kami kali ini tapi singkatnya adalah FTP. FTP atau kependekan dari File Transfer Protocol adalah protokol jaringan standard atau baku yang salah satu fungsinya adalah untuk tukar-menukar berkas maupun naskah dalam sebuah jaringan yang menggunakan koneksi TCP bukan UDP. Ada dua hal yang harus diperhatikan dalam FTP adalah FTP Server dan FTP Client, selengkapnya mengenai FTP baca disini. Jika benar Kamu pengunjung setia Gembos Nge-Blog pastinya Kamu mengetahui tulisan Kami, Berbagi File antara Android dan Windows (I), (II) dan (III). Pada tulisan-tulisan tersebut Kami ulas bagaimana caranya serta menunjukkan langkahnya dalam melakukan tukar-menukar berkas dan naskah meski pada ulasan tersebut mengharuskan Kamu memasang aplikasi pihak ketiga namun cara yang digunakan yakni dengan memanfaatkan teknologi FTP.

Seperti yang sudah Saya utarakan diatas dengan FTP memungkinkan Kita untuk berbagi-pakai berkas maupun naskah antar sistem operasi dengan menyediakan peralihan data secara terpercaya dan berdaya guna. Jika Kamu pengguna sistem operasi milik Microsoft yakni Windows mungkin Kamu merasa asing dengan istilah FTP, tapi akan lain cerita bila Kamu pengguna Unix, Linux dan turunannya. Langsung saja yuk Kita lihat bersama caranya berbagi-pakai berkas dengan FTP.

Persiapkan terlebih dahulu berkas maupun naskah di Android yang akan di bagi-pakai. Caranya masuk ke 'Pengelola File > Manajemen jarak jauh'. Pastikan Sudah terhubung ke jaringan lalu kemudian sentuh 'Aktifkan'. Dalam tutorial kali ini. Saya menggunakan Lenovo A7000 Plus. Apapun telepon pintarnya, selama menggunakan Android, Kamu bisa melakukannya meski harus melakukan penyesuaian dibeberapa bagian.

Setelah itu akan diberikan alamat FTP. Selanjutnya persiapkan Windowsnya.
Hidupkan komputer/laptop Kamu lalu sambungkan ke jaringan. Setelah itu buka 'Explorer' kemudian klik 'Map network drive'.

Setelah itu akan ditampilkan jendela seperti diatas. Segera klik saja 'Connect to a website that you can ...'.

Selanjutnya akan ditampilan jendela seperti diatas, 'Next' saja

Pilih 'Choose a custom network location' kemudian klik 'Next'.

Kemudian isikan dengan alamat FTP yang diberikan oleh Android di kolom 'Internet or network address' lalu 'Next'.

Kemudian masukkan nama penggunanya. Disini Kamu bisa memberi tanda centang pada 'Log on anonymously'. Selanjutnya 'Next'.

Lalu kemudian beri nama untuk lokasi networknya. Bebas mau Kamu namai dengan apa, selanjutnya 'Next'.

Selanjutnya akan ditampilkan jendela akhiran. Jika semua dirasa sudah sesuai, klik 'Finish'.

dan taa.. da.. berkas yang ada pada ponsel pintarmu seketika bisa Kamu akses. Mudah bukan? Kamu tidak perlu lagi aplikasi FTP Client.

Di Windows 8, 8.1 dan 10 bisa tidak? Pasti bisa. Hanya saja Kamu harus melakukan penyesuaian. Jika pengelola berkas ponsel Androidmu tidak mendukung manajemen jarak jauh atau sejenisnya, Saya akan berikan daftar aplikasi pengelola berkas yang mendukung manajemen jarak jauh tapi di tulisan berikutnya ya.

Sekian dulu untuk tulisan kali ini. Terima kasih atas kunjungannya. Jangan sungkan untuk meninggalkan jejak ya dan tolong berikan linknya bila ada yang ingin memposting ulang tulisan-tulisan Kami. Terima kasih.