Mengenal Lebih Dalam SW, HW dan HW+ Decoder pada MX Player

Mengenal Lebih Dalam SW, HW dan HW+ Decoder pada MX Player



MX Player.
 Hallo kerabat Gembos Nge-Blog! Apa kabarnya? Ya. Di kesempatan kali ini Saya akan menyajikan tulisan segala sesuatu tentang MX Player dan bicara tentang MX Player, siapa yang tidak mengenalinya. Aplikasi pemutar video ini adalah satu-satunya aplikasi pemutar video yang mampu mengatur berapa core atau inti CPU yang akan aktif saat memainkan konten baik lokal maupun streaming, selain itu, juga memiliki keluwesan dalam menentukan proses decoding. Sekedar berbagi cerita. Saya telah menggunakan MX Player sejak awal Saya menjadi Droiders, sebutan untuk pengguna ponsel pintar Android. Saat itu ponsel pintar Android pertama Saya adalah Samsung Galaxy Ace Plus

 Bukannya tanpa kebingungan saat pertama kali mengoperasikan MX Player terlebih saat dihadapkan pada ragam pilihan decoder dan pada penentuan codec ubah suaian. Mulai disitulah. Saya mempelajari tentang System on Chips (SoCs). Hanya MX Playerlah yang memberikan fasilitas decoding, HW+. Menurut Saya, fasilitas tersebut begitu spesial mengingat hampir kesemua aplikasi pemutar video hanya memberikan fasiliats decoding SW dan HW. 


 Jika Kamu gemar mengutak - atik pengaturan pemutar video pada komputer maupun laptop, tentunya Kamu sudah akrab dengan istilah Renderer dan Decoder. Kedua istilah tersebut memiliki arti dan fungsi yang berbeda. Namun pengaturan pada MX Player, mengenai SW, HW dan HW+ kesemuanya adalah proses Decoding atau Decoder atau bahasa Indonesianya adalah akselerasi perangkat keras. 

 Dahulu. Sebuah CPU juga melakukan tugas decoding bahkan rendering. Perlu Kalian ketahui. Tugas yang dilakukan CPU sudah sangat berat apalagi bila ditambah dengan tugas rendering dan decoding, sudah dipastikan sebuah CPU akan sangat kewalahan oleh sebab itu dulu belum ada istilah laptop ataupun komputer gaming maupun HTPC seperti sekarang ini. Setelah GPU tercipta, kedua tugas yang sebelumnya dikerjakan oleh CPU, dikerjakan oleh GPU. Namun bukan berarti CPU tidak lagi bisa melakukan tugas - tugas tersebut. GPU hanya mengurangi beban CPU dalam melakukan pekerjaan yang berhubungan dengan tampilan atau grafis.

 Kembali ke topik tentang SW, HW dan HW+ pada MXPlayer. 'SW pada MX Player adalah proses decoding yang dilakukan oleh CPU sementara HW dan HW+ adalah proses decoding yang dilakukan oleh GPU. Perbedaanya. SW dan HW memaikan video diatas kerangka kerja (framework) media bawaan sistem sedangkan HW+ memainkan video diatas kerangka kerja media milik MX Player sendiri'.   

 Jika Saya ditanya. Bagus mana antara SW, HW atau HW+? Saya akan berikan jawabannya beserta settingan lengkapnya di tulisan berikutnya. Jadi sampai disini dulu ya tulisannya. Terima kasih atas kunjungannya, langganan entri atom Kami dan saluran YouTube Saya.

24 komentar

  1. Apakah ada pengaruhnya untuk baterai? Jika ada, manakah yang lebih hemat baterai?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebelumnya terimakasih atas kunjungan dan pertanyaannya. HW Decoding, lebih sedikit mengonsumsi sumber daya.

      Hapus
  2. Balasan
    1. Sebelumnya terimakasih atas kunjungan dan pertanyaannya. Lebih bagus dalam artian apa? Kalau lebih bagus dalam konsumsi sumber daya, sistem dan baterai. Maka HW jawabannya.

      Hapus
  3. Kalo anda sekarang pake hp dan dekoder apa gaan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebelumnya terimakasih atas kunjungan & pertanyaannya. Sampai detik ini Kami masih menggunakan perangkat tua, Redmi Note 4 (Snapdragon 625) & Lenovo A7000 Plus (MediaTek MT6752), dan memanfaatkan HW Decoder. SoCs keduanya mendukung HEVC Main 8bit 4:2:0 Level 4 1080p30.

      Hapus
  4. Gan nanya seputar MX player dong,bisa kasih tau ga cara mengatur kecerahan subtitle

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebelumnya terimakasih atas kunjungan & pertanyaannya. Mengatur kecerahan subtitle ya. Pastikan terlebih dahulu film dan/atau video yang agan tonton mempunyai file subtitle (.srt) terpisah. Lalu sentuh simbol pengaturan (tiga titik)->pengaturan. Nanti akan ditampilkan jendela pengaturan. Disana agan bisa mengatur subtitlenya. Semoga membantu.

      Hapus
  5. gan apakah hw+ resolusinya lebih bagus dari hw? apakah hw sw dan hw+ mempengaruhi kejernihan? misal sama2 nyetel vid 1080p di banding sw hw dan hw+ mana yg lebih jernih?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebelumnya terimakasih atas kunjungan & pertanyaannya. Tidak serta merta decoder HW maupun HW+ dapat meningkatkan kejernihan video yang diputar. Tapi yang pasti decoder HW maupun HW+ meringankan beban CPU. Seperti yang sudah Kami jelaskan diatas. Ketika decoder ditentukan adalah HW, maka tugas CPU hanya mengambil data video dan meneruskannya ke GPU untuk diolah dan ditampilkan.

      Hapus
  6. gan semisal gw nonton video 1080p klo pke dekoder hw+ apakah gambar bakal lebih jernih di banding hw ato sw?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebelumnya terimakasih atas kunjungan & pertanyaannya. Tidak serta merta video 1080P yang dimainkan dengan teknik dekoder HW+ menjadi lebih jernih.

      Hapus
  7. lalu di antar HW, HW+, SW mana yang lebih bagus? bagus yang saya maksud disni yaitu bagus dalam tampilan videonya bukan menghemat baterai dan semacamnya, terima kasih semoga dijawab memilih HW, HW+, SW bukan jawaban kurang meyakinkan sehingga masih bingung masih bagus mana salam hal itu hehe

    BalasHapus
  8. mau nanya min, file berupa film yg saya nntn di perangkat saya (redmi note 9 pro 8/128 gb) dengan resolusi dan format serta judul film: Mortal.Kombat.2021.2160p.UHD.BluRay.x265-GETOVERHERE menggunakan MX Player Pro, saya download dari filmnya dari rarbg.com, itu sudah disediakan subtitlenya, tp msh bahasa inggris. Trus dipengaturannya sudah ada auto pencarian subtitle dari opensubtitles.org tp tidak ditemukan. Bagaimana cara menambahkan subtitle indo secara manual? Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Download terlebih dahulu file subtitlenya (.srt) lalu samakan nama file subtitlenya dengan nama file videonya. Kemudian letakkan keduanya dalam 1 folder, usahakan jangan di sub folder ya. Tapi mohon maaf Kami tidak mempunyai referensi tempat download file subtitlenya.

      Hapus
    2. Kalau ingin cari subtitle otomatis..maka saat memasukkan tulisan judul itu harus persis seperti judul aslinya.. Jangan dgn nama file. Jadi tulis MORTAL KOMBAT. Nanti dot org bakal nyariin buat antum.. Nah klo mau manual ya download sndiri di subscene.com

      Hapus
  9. Berarti DEKODER hw dan hw+ itu lebih smooth dalam memutar video resolusi tinggi karna memakai GPU ya? Oh Iya perbedaan MX player biasa sama pro apa ya min?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dapat disimpulkan seperti itu tapi masih harus melihat dukungan CODEC di GPU nya. Kalau tidak bisa mengakselerasi CODEC tertentu, tentunya video dengan format tersebut tidak diakselerasi oleh GPU

      Hapus
  10. Min mau nanya kok di MX player kalo suaranya stereo hasilnya kurang keras,dan enakan yang mono, contoh kalo kita mutar video, awal suaranya stereo tp lebih keras dan jelas bass nya juga demikian tp saat kita stop kemudian lanjutkan atau kita majukan atau mundurkan video nya kok suaranya tiba-tiba berubah stereo tp seperti yg aku tanyakan tadi, pdhl sebenarnya nonton film enaknya stereo,,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih atas kunjungan dan komentarnya. Izinkan Kami mengoreksi. Menurut Kami bukan berubah dari stereo menjadi mono atau sebaliknya melainkan ketidakstabilan desibel audio dari file yang dimainkan. Sepengalaman Kami. Anda bisa mencoba untuk menentukan nilai Gain Audio-nya agar suara yang dihasilkan tidak mengalami perubahan desibel saat pause dan play lagi video. Semoga membantu.

      Hapus