Pengaturan Google Cloud Print

Pengaturan Google Cloud Print 


 Ponsel pintar Android kian hari kian menjadi primadona. Bagaimana tidak. Disamping harganya yang semakin terjangkau, sebuah ponsel pintar Android murah (baca: Android One) sudah memenuhi kebutuhan mobilitas Kita dari berkirim pesan singkat, membaca dan membalas surat elektronik, mendengarkan musik, mengerjakan dokumen hingga mencetak dokumen.

Google Cloud Print.

 Memang Android telah mencapai seri 'M' (Marshmallow) tapi kebanyakan ponsel pintar yang beredar di Indonesia masih berseri 'L' (Lollipop). Jika kalian mendapati opsi pencetakan yang biasanya akan Kalian temukan pada menu pengaturan ponsel, itu adalah sebuah fitur yang tergolong baru yang ada pada Android. Tentu saja Google Cloud Print masih bersifat BETA.

 Google Cloud Print, dengannya Kita bisa melakukan pencetakan dokumen tanpa harus memindahkan dokumen tersebut terlebih dulu ke sebuah komputer PC/Laptop yang terhubung dengan printer. Bisa dikatakan juga Google Cloud Print adalah fasilitas berbagi printer di jaringan LAN yang biasanya diterapkan pada komputer - komputer kantor (baca: Printer Sharing).

 Google Cloud Print sebenarnya dipesiapkan untuk printer nikabel (baca: Wireless) tapi bukan berarti printer klasik tidak bisa bekerja dengan Google Cloud Print. Hanya saja pada percobaan yang telah Kami lakukan, printer milik Kami terkadang "tidak tersedia". Mungkin dikarenakan juga Google Cloud Print masih bersifat BETA jadi Kami mendapati pemberitahuan tersebut.

Inilah yang membuat Kami penasaran dengan fitur baru Android, Google Cloud Print. Berbekal printer klasik milik Kami, yakni printer Canon MP280 Series. Kami mencoba mengaktifkan Cloud Print pada Lenovo A7000 Plus Kami.

 Kemudian persiapkan komputer PC/Laptop, sambungkan printer lalu nyalakan dan koneksikan PC/Laptop ke internet. Pastikan telah terpasang Chrome Browser di PC/Laptop Kalian.

Jalankan Chrome Browsernya lalu log in dengan akun gmail yang Kalian gunakan pada ponsel pintar Android Kalian.

Lalu ke menu 'Settings'.

Kemudian klik opsi 'Show advanced settings ...'.

Pada Google Cloud Print -> Manage.

Pada Classic Printers -> Add printers.

Pastikan printer yang Kalian gunakan tidak dalam kondisi sleep. Jika semua sudah benar, secara otomatis printer Kalian akan terdeteksi. Lalu klik 'Tambahkan printer'.

'Terima kasih! Sekarang Anda siap' itu artinya Kalian sudah bisa mencetak dokumen yang ada pada telepon pintar Android Kalian.


Kami mencoba mencetak dengan memilih gambar terlebih dulu yang ada pada galeri Lenovo A7000 Plus Kami. Kemudian Kami memilih 'Canon MP280 series Printer'.

Kalian bisa menerapkan ukuran kertas yang akan Kalian gunakan.

Kalian juga bisa menentukan mau mencetak secara horisontal maupun vertikal. Jika sudah. Terakhir sentuh ikon printer kecil dan proses mencetakpun berlangsung. 


 Demikian postingan Kami hari ini. Terima kasih sudah berkunjung. Selalu hargai setiap karya orang lain dan sampai bertemu di postingan menarik Kami lainnya.