Hi-Res Audio on Foobar2000 (II)

Hi-Res Audio on Foobar2000 (II) 


Foobar2000
 Postingan kali ini adalah postingan pelengkap dari postingan 'Hi-Res Audio on Foobar2000'. Pada postingan tersebut, kerabat Saya, menerapkan pengaturan keluaran a.k.a Sound Driver menggunakan WASAPI untuk menghasilkan kualitas suara yang lebih jernih dan luas. Tak hanya itu, Dia juga menyajikan pengaturan "Channel Mixer' dan menambahkan 'Dolby Headphone' untuk merasakan sensasi 'Surround'.

 Namun pada kesempatan kali ini, Saya akan menyajikan keluaran suara menggunakan ASIO. Apa bedanya ASIO dengan WASAPI? Jawaban atas pertanyaan tadi, silahkan di jawab sendiri tentunya setelah mencoba kesemua pengaturan keluaran suara yang bisa dilakukan oleh Foobar2000 ditambah dengan dukungan menggunakan perangkat - perangkat Hi-Reas Audio yang memadai, seperti DAC (Digital to Analog Converter), Speaker atau Headphone berkualitas hingga Amplifier. 

 Baik. Tanpa banyak basa - basi lagi, langsung saja. Disini Saya asumsikan di komputer/laptop Kamu telah terpasang Foobar2000 dan juga 7-Zip. Selanjutnya. Unduh DSPnya disini dan disini. Setelah di unduh, ekstrak ke 'Desktop' menggunakan 7-Zip. Kemudian unduh ASIOnya disini.

Double klik file 'ASIO4ALL' lalu pilih Next. Pada jendela berikutnya. Beri centang pada 'I accept the terms ...' lalu klik Next.

Kemudian beri centang pada 'Off-Line Settings' lalu pilih Next. Ini bertujuan untuk memudahkan pengaturan nantinya.

Pada jendela ini, klik Install. Tunggu hingga selesai lalu klik Finish untuk mengakhiri sekaligus menutup jendela pemasangan ASIO4ALL.

Pasang DSP 'foo_out_asio'nya dengan cara klik kanan lalu pilih Install.

Secara otomatis foobar2000nya running lalu pilih Ok.

Ok sekali lagi. Lalu tutup Foobar2000nya.

Salin kedua DSP yang tersisa ke direktori installasi Foobar2000.

Tempelkan ke dalam folder 'Component'. Karena Saya menggunakan Windows 64bit, maka direktorinya seperti yang terlihat pada tangkapan layar.

Jalankan Foobar2000nya lalu klik Library > Configure.

Selanjutnya menuju ke Playback > Output. Beri 'ASIO : ASIO4ALL v2' pada opsi Device. Lalu klik Apply. Ini mengizinkan Foobar2000 untuk mengambil ASIO jadi pastikan tidak ada Realtek HD Audio, Viper4Windows atau yang lainnya ada di sistem komputer/laptop Kamu.

Beralih menuju ke Playback > DSP Manager. Untuk mengaktifkan, pilih DSP yang akan diaktifkan yang ada di kolom Available DSPs lalu klik tanda panah kiri.

Inilah kedua DSP yang tadi Kita tempelkan ke direktori installasi Foobar2000. Untuk memulai pengaturan. Klik DSP yang akan diatur lalu klik Configure Selected.

Inilah tampilan pengaturan Graphic Equalizer. Tersedia 31-band frekuensi yang bisa Kamu atur. Jika Kamu memilih mode Stereo, Kamu bisa mengatur 31-band frekuensi untuk kiri dan 31-band frekuensi untuk kanan secara terpisah.

Berikut tampilan pengaturan Resampler. Ikuti apa yang terlihat pada tangkapan layar.

Coba mainkan sebuah lagu. Bila yang terlihat seperti pada tangkapan layar, berarti Kamu sudah dengan benar melakukan pengaturan pada Resampler. Namun bila menunjukkan @44100Hz, sudah pasti Kamu melakukan kesalahan pada pengaturan Resamplernya.

 Sampai disini dulu postingan Saya kali ini. Nantikan postingan - potingan menarik lainnya. Terimakasih sudah mampir dan menjatuhkan berkomentar. Selamat Malam dan Selamat beristirahat.