2 Aplikasi Terbaik Pembuat (.iso) Image File (I)

2 Aplikasi Terbaik Pembuat (.iso) Image File (I) 


(.iso) Image File.
 Postingan kali ini dibuat, berawal dari saat Kami akan ingin memasang Windows 8.1 kedalam komputer PC dan laptop Kami yang kedua - duanya tidak dibekali dengan sebuah CD/DVD Drive. 

 Kami mendapatkan installer Windowsnya dari salah seorang kerabat Kami, besarannya tak lebih dari 4GB. Tidak besar memang namun turut memberi Kami pekerjaan rumah. 

 Installer yang Kami terima tidak dalam bentuk yang Kami harapkan yaitu, file (.iso), jadi Kami harus terlebih dulu merubah kumpulan file - file dan folder installer tersebut menjadi sebuah file (.iso). Karena PC dan laptop Kami tidak memiliki CD/DVD Drive, untuk bisa memasang Windows kedalamnya harus melalui USB Flash Drive. Kami harus membuat media USB Flash Drive Boot. Kalian membutuhkan file (.iso) jika ingin membuat media boot di sebuah USB Flash Drive.

 Sebenarnya Kalian tidak harus memasang aplikasi lagi untuk sekedar bisa membuat file (.iso) karena Microsoft telah membenamkan fitur 'create (.iso)' didalam operating system milik mereka. Tapi tidak salahnya jika Kita juga mengetahui aplikasi - aplikasi lain pembuat file (.iso). Lagipula. Fitur 'create (.iso)' milik Microsoft kurang lengkap. Salah satunya. Tidak adanya opsi pilihan file system saat akan membuat file (.iso). 

 1. Jihosoft ISO Maker 

 Jihosoft ISO Maker, sebuah aplikasi gratisan pembuat file (.iso). Jangan salah. Meski gratisan, Jihosoft ISO Maker, terbilang cukup tangguh. Mampu membuat file (.iso) dengan file system hingga 5GB. Selain mampu sebagai pembuat file (.iso), Jihosoft ISO Maker, juga bisa digunakan untuk "memeras" a.k.a mengekstrak sebuah file (.iso).

Screenshoot tampilan antar-muka Jihisoft ISO Maker.

 2. AnyBurn

 Sama halnya dengan Jihosoft ISO Maker, AnyBurn, juga merupakan sebuah aplikasi gratisan. Meski gratisan, AnyBurn membekali dirinya dengan fungsi yang sangat lengkap dari membuat file (.iso), membakar file (.iso) ke sebuah kepingan CD/DVD hingga meriping audio CD ke mp3/FLAC file. Kami benar - benar merekomendasikannya.  

Screenshoot tampilan awal dari AnyBurn. Sangat lengkap bukan.

 Sekian postingan singkat dari Kami. Semoga bermanfaat. Punya saran aplikasi pembuat file (.iso) lainnya, Kalian bisa membaginya dengan Kami melalui komentar. Terimakasih sudah berkunjung dan selalu hargai setiap karya orang. Sampai jumpa lagi di postingan menarik Kami selanjutnya.