Hi-Res Audio on Foobar2000

Hi-Res Audio on Foobar2000 


Foobar2000.
 Postingan berikut adalah lanjutan dari postingan sebelumnya, 3 Aplikasi Audio Player Direkomendasikan Selain Winamp. Postingan kali ini untuk mengupas tuntas salah satu dari ketiga aplikasi tersebut.

 Setelah beberapa waktu yang lalu kami membahas serta melakukan pengaturan lebih lanjut pada Audacious demi memanjakan telinga. Pada kesempatan yang baik ini. Kami memberikan sebuah postingan pengaturan lebih lanjut pada Foobar2000 a.k.a Foobar2K. Seperti apa? Berikut ulasan lengkapnya. 

 1. Download terlebih dulu Foobar2000nya disini.
 2. Download juga 7-Zip disini. Unduh yang 7-Zip 9.20. Jika menggunakan Windows 64bit, unduh yang x64.
 3. Download DSP Pack for Foobar2000 disini.
 4. Kemudian pasang Foobar2000 dan 7-Zip seperti biasa.
 5. Setelah kesemua DSP Pack berhasil terunduh. Kemudian ekstrak menggunakan 7-Zip.

DSP Pack yang telah diunduh kemudian diekstrak.

Pasang setiap DSP, copy ~ paste (hanya file .dll nya), ke direktori installasi Foobar2000.

Khusus untuk WASAPI. Proses pemasangan dilakukan dengan klik kanan ~ pilih install.

 'Sudah selesai?' Belum dong. Setelah memasang semua DSPnya, sekarang kita berlanjut ke tahap 'pengaturan lebih lanjut Foobar2000'nya. 

Jalankan Foobar2000nya. Foobar yang kami pakai Foobar2000 v1.3.8. Klik kiri Library kemudian pilih Configure.

Beralih ke Playback > Output. Pada Device, pilih opsi 'WASAPI (push)'. Untuk opsi ini sesuaikan dengan kondisi. Jika mengunakan kabel digital audio, maka pilih 'WASAPI (push) : Digital Audio'. Tapi kali ini pilih yang ': Speakers'.

Pilih bit output data formatnya ; 24bit. OK. Untuk pengaturan ini. Kami sarankan untuk tidak melewati batas kemampuan chip soundnya. Jadi kenali juga ya chip saound yang sedang kamu pakai.

Beralih ke Playback > DSP Manager. Pilih DSP yang tersedia pada kolum Available DSPs. Kali ini kami pilih DSP 'Graphic Equalizer', kemudian klik panah kiri untuk mengaktifkannya. Setelah itu. Klik 'Configure Selected' untuk mengatur lebih lanjut.

Pengaturan lengkap 'Graphic Equalizer'. Sesuaikan selera ya. Terus OK.

Kemudian aktifkan DSP 'Resampler (SoX mod)'. Kemudian klik 'Configure Selected'.

Disini kami memberi nilai 'Target samplerate dengan 192000Hz'. Kemudian OK.

Aktifkan DSP 'Dolby Headphone'. Kemudian klik 'Configure Selected', cari file 'DOLBYHPH.dll' di '%PROGRAM DIR%\components\' Foobar2000. Lalu OK.

Aktifkan DSP 'Channel Mixer'. Kemudian klik 'Configure Selected'.

Settingan Channel Mixer sesuaikan juga dengan selera. Tapi untuk output channels. 6 berarti 5.1 dan 5 itu 4.1 dalam konfigurasi headphones 2.0. Artinya kamu mendengarkan sounds 5.1 channels di speaker/headphones 2.0.

Pilih mode 'Surround'. Selanjutnya sesuai selera.

'Subwoofer' juga sesuaikan selera.

Terakhir klik 'Apply' kemudian OK. Untuk menerapkan settingan diatas.

 Selesai. Selamat yaa... Kamu sudah bisa menikmati Hi-Res Audio on Foobar2000. Terimakasih telah berkunjung dan jangan lupa tinggalkan jejak.

 Catatan kecil :
 * Didalam setiap pengaturan equalizer perhatikan tiga unsur nada berikut, yaitu bass, midrange dan treble. Dimana bass untuk nada rendah 20 Hz atau dibawahnya hingga 300 Hz, midrange untuk nada tengah 300 Hz-5 KHz, dan treble untuk nada tinggi 5 KHz-20 KHz atau diatasnya. Bass bisa didefinisikan suara drum, beduk, gitar bass atau sejenisnya yang merupakan tipikal suara rendah. Midrange untuk percakapan, vokal penyanyi, piano, gitar atau alat tiup. Sedang Trebel untuk suara cymbal dan efek dengan karakter nada tinggi.

 O iya. Di tutorial kali ini kami tidak memakai aplikasi external equalizer seperti Realtek HD Audio, Viper4Windows maupun DFX Audio Enhancer lho. Ngomong - ngomong soal external equalizer, kami akan membahas Audio Engine on Android tapi nanti. Ditunggu yaa. Sekali lagi terimakasih dan selamat berlibur. Sampai ketemu lagi di postingan menarik selanjutnya. :)