6 Kesalahan Fatal SEO yang Harus Dihindari

6 Kesalahan Fatal SEO yang Harus Dihindari


Hai... :) Selamat sore! Apa kabar? お元気ですか?. Semoga baik-baik saja ya. Ya. Sesuai dengan judul postingan kali ini, banyak trik SEO yang diajarkan di dunia internet. Kebanyakan untuk meningkatkan ranking atau membuat halaman web berada di urutan teratas hasil pencarian search engine. Tapi tidak sedikit juga yang melakukan kesalahan fatal saat mengimplementasikan SEO. Akhirnya, pekerjaan SEO mereka sia-sia, bahkan tidak jarang malah melanggar aturan.


 Nah supaya pekerjaan optimalisasi SEO kamu tidak terganggu, Gembos nge-Blog beberkan beberapa hal yang harus dihindari saat kamu menerapkan SEO untuk situs web atau blog. Berikut beberapa diantaranya:

google.com/+GembosSapoetra
Google

1. Keyword yang salah target

 Ini adalah kesalahan SEO terbanyak dan bahkan dialami oleh perusahaan-perusahaan besar. Kesalahan ini diakibatkan salah persepsi si empunya website terhadap "kata kunci" apa yang kira-kira akan dicari oleh pengguna search engine. Padahal, pengguna search engine tidak pernah melakukan pencarian dengan kata kunci tersebut.

2. Terlalu memikirkan meta tag

 SEO bukan melulu masalah mengoptimalkan meta tag dalam sebuah website. Bahkan, algoritma dari crawler dan robot search engine terbaru sudah sama sekali tidak melihat meta tag sebagai acuan utama. Sekarang coba perkaya konten, karena itu lebih menarik bagi para robot search engine untuk melakukan indeks situs web.

3. Menggunakan situs blog gratisan

 Cobalah memulai untuk berlangganan hosting swadaya. Ini penting karena blog gratisan sangat terbatas pada fitur optimasi SEO. Apalagi kalau kamu serius mengembangkan blog serta kamu punya konten unik dan menarik. Jangan sampai pembajak konten kamu malahan punya rangking yang lebih tinggi karena dia mampu membayar hosting non gratisan.

google.com/+RiovaldySapoetra
bing

4. Spamming Backlink

 Pemilik situs yang mau situsnya dikenal dengan melakukan spam di situs lain, forum atau sejenisnya demi mengumpulkan backlink. Hati-hati, jika terlampau banyak spam backlink yang kamu letakkan di situs lain, maka tidak mungkin situs kamu malahan di banned. Yang terpenting bukan jumlah backlink tapi seberapa kualitas backlink itu kamu kumpulkan.

5. Punya gambar tapi tanpa keterangan

 Pemilik blog sering mengandalkan gambar miliknya untuk mengoptimalkan SEO. Tapi hal ini bisa sama sekali tidak berpengaruh kalau gambar yang kamu pakai tidak diberi keterangan. Ingat! Setiap komponen keterangan yang masuk dalam kode dari sebuah situs web bisa menjadi rujukan search engine dalam membuat hasil. Apalagi situs mesin pencari besar macam Google punya fitur khusus untuk melakukan pencarian gambar.

6. URL tanpa keyword

 Seberapa sering keyword kamu muncul dalam URL blog atau situs kamu? Jarang? Wah, berarti kamu masih melakukan kesalahan saat optimasi SEO. Idealnya, disetiap URL yang kamu publikasikan setidaknya terdapat satu keyword penting yang kira-kira bakal mengarahkan pengguna search engine ke konten website. Mesin pencari besar macam Yahoo!, MSN hinggga Google menjadikan URL ini acuan utama mereka saat mencari konten. 

 Nah. Itu tadi tips SEO sederhana dari Gembos. Semoga bermanfaat. Jatuhkan komentar, Subscribe, Like dan kasih +1 juga ya. Have a weekend, selamat berlibur. ありがとう, terimakasih telah berkunjung ke - Blog Saya. ^_^v