Cara Extreme Mengosongkan Memory Internal Android

Cara Extreme Mengosongkan Memory Internal Android



Hai... :) Selamat pagi! Apa kabar? お元気ですか?. Semoga baik-baik saja ya. Amiiin. Ya. Kali ini Gembos nge-Blog akan memberikan tips dan trick, mungkin sudah basi karena tips dan trick ini sudah banyak beredar di internet dan tidak sedikit pula yang sudah menguasai trick tersebut.


Mengosongkan memory internal Android?! Emang bisa?


Bisa dan cara itu memang ada. Mengurangi bahkan mengosongkan memory internal Android (partisi /data) bukan hal yang mustahil lagi hanya saja memang HH kamu harus sudah dalam status root. Setelah di root, kamu wajib mempartisi MicroSD yang akan kamu gunakan. Nah partisi (/data/sd-ext) inilah yang akan dijadikan wadah pengganti memory internal. 

Baik. Tanpa mengulur-ulur waktu lagi kita mulai saja tutorialnya:

Download dan instal terlebih dulu aplikasi Mounts2SD via PlayStore.
  
Setelah proses pemasangan selesai. Buka aplikasi Mounts2SDnya kemudian pilih 'Install script'. (1)

Beri centang sesuai dengan screenshoot. (2)

Setelah itu download dan instal aplikasi DiskInfo untuk melihat apakah pastisi (/data/sd-ext) yang telah kamu buat berfungsi dengan semestinya.

Berikut tampilan DiskInfo bila partisi (/data/sd-ext) berfungsi. Bisa dilihat 2GB yang dialokasikan dari 16GB kapasitas MicroSD yang Gembos nge-Blog gunakan. Cukup lapang bukan :D

Note:

(1) Jika proses pemasangan script gagal atau HH tidak reboot otomatis setelah pemasangan script, ada kemungkinan Android kamu tidak mendukung fitur memindahkan aplikasi ke microsd.
(2) Hanya jika kamu menggunakan aplikasi Xposed Installer, sebab Xposed Installer tidak akan berjalan jika opsi 'Data' kamu centang. Hati-hati!
(3) Gembos nge-Blog tidak akan bertanggung jawab atas hilangnya data baik saat mempartisi MicroSD atau saat menerapkan trick diatas dan bahkan atas rusaknya MicroSD sesaat setelah berhasil menerapkan trick diatas. Hati-hati!

Nah. Itu tadi tip dan trick sederhana dari Gembos. Semoga bermanfaat. Have a good day dan tetap semangat. ありがとう, terimakasih telah berkunjung ke - Blog Saya. ^_^v