Tip Trick Internet

Tip Trick Internet

Internet.

Internet bukan lagi menjadi kebutuhan sekunder, sangat membosankan hidup tanpa internet, percayalah. Kita bisa mngumpulkan orang – orang yang kita kenal, yang mungkin sempat hilang dalam hidup kita melalui Facebook atau Twitter. Mencari informasi tentang apa yang sedang terjadi dengan Google Search. Menonton video konyol di Youtube sambil tertawa terbahak – bahak bahkan bekerja dengan membuka toko online, semua itu membutuhkan yang namanya koneksi internet. 

Ya, pada kesempatan kali ini saya akan membagikan tips dan trick untuk mempercepat koneksi internet. Tidak semerta – merta koneksi internet menjadi sangat cepat setelah menerapkan tips trick ini, karena koneksi internet sangat dipengaruhi oleh penyedia jasa internet itu sendiri. Jasa internet yang kamu pakai sudah sangat cepat dengan kuota yang sangat besar namun dirasa koneksi internetnya seperti siput, dimana yang salah dan bagaimana mengatasinya. Ketahuilah ketidak tepatan memilih operating system serta software browser bisa menjadi salah satu faktor penentu cepat lambatnya koneksi internet yang diterima. 

Banyak dari kita yang memakai operating system windows, operating system sejuta umat serta browser Firefox. Nah, tips dan trick kali ini untuk diterapkan pada operating system Windows dan browser Firefox. Mungkin peningkatan kecepatan koneksi tidak terlalu siknifikan tapi kestabilan yang akan lebih didapat dari tips trick ini. Mari kita simak bersama tips tricknya :

1. Tweak on operating system. Kita bisa men-tweak operang system itu sendiri, regedit hingga driver modemnya.

*Mengubah bandwidth Windows.
Start –> Run, Ketikkan “gpedit.msc” –> OK
Pada Computer Configuration, pilih Administrative Templates
Klik Network –> QoS Packet Scheduler
Pada window sebelah kanan, double klik limit reservable bandwidth
Ubah setting menjadi enabled
Ubah bandwidth limit (%) menjadi 0 (nol)

*Mengedit system.ini
Buka file system.ini yang terletak di C:\Windows atau bisa juga Start –> Run, Ketikkan system.ini –> OK
Pada bagian [386Enh], tambahkan dengan COM1Buffer=16384. Ubah COM1 dengan port yang digunakan oleh modem.
NOTE : Pastikan terlebih dulu untuk mematikan UAC.

*Mengedit Regedit.
Start –> Run, Ketikkan “regedit” –> OK
Cari HKEY_LOCAL_MACHINE/SYSTEM/Current ControlSet/services/Dnscache/Parameters
Buat, klik kanan pilih new > DWORD (32-bit) beri nama sebagai berikut :
CacheHashTableBucketSize dengan nilai hexadecimal 1.
CacheHashTableSize dengan nilai hexadecimal 384.
MaxCacheEntryTtlLimit dengan nilai hexadecimal 64000.
MaxSOACacheEntryTtlLimit dengan nilai hexadecimal 301.
NegativeCacheTime dengan nilai hexadecimal 0.

2. Tweak on Firefox.
Sebelum melakukan tweak, ada baiknya untuk mengupdate firefoxnya dengan versi yang paling baru. Dengan melakukan update secara berkala, peningkatan kecepatan bisa didapat. Jika sudah diupdate, Jalankan Firefoxnya. Pada address bar ketikkan about:config klik I'll be careful, I promise! NOTE : Harus dalam kondisi offline. 
Untuk melihat besar cache memory yang digunakan Firefox saat ini, dapat dilihat dengan mengetikkan about:cache pada address bar. Jika data dibawah tidak ada dalam settingan default, klik kanan lalu new. Untuk data berupa angka, pilih integer bila untuk true/false, pilih boolean. Set konfigurasi seperti berikut ini :
browser.cache.disk.capacity : 358400
browser.cache.disk.parent_directory : d:\firefox (Intinya ; pindahkan cache firefox ke drive lain entah d:\ e:\ atau f:\
browser.cache.disk.smart_size.first_run : false
browser.cache.disk.smart_size.use_old_max : false
browser.cache.disk.smart_size_cached_value : 215040

*Menginstall add-on.
Dua add-on ini sangan direkomendasikan yakni ; Tweak Network 1.5.5 dan Fasterfox 3.9.81. Jika ada versi paling baru dari keduanya, install dengan versi yang paling baru.

3. Tweak driver modem.
Dari Control Panel, klik icon Modem.
Pada kotak dialog Modem Properties, pilih modem yang akan diubah settingnya dan klik pada tombol Properties.
Pada tab General, ubah Maximum Speed menjadi 115200.
Pindah ke tab Connection dan klik tombol Port Setting.
Dari kotak dialog Advanced Port Setting, beri tanda check pada Use FIFO buffers. Kemudian ubah Receive Buffer menjadi 14 dan Transmit Buffer menjadi 16. Lalu klik OK.
Klik button Advanced, beri tanda check pada Use Flow Control. Kemudian pilih radio button hardware. Pada bagian Extra Setting, isi dengan &C1&D2E1Q0V1X4%C0 S7=55 S11=55 S0=0.

Dari Control Panel, klik icon System.
Pindah ke tab Device Manager.
Pada bagian Ports (COM & LPT), pilih port yang digunakan oleh modem Anda dan klik tombol properties.
Pindah ke tab Port Settings.
Pada bagian Bits per second, isi dengan 921600.

4. “Overclock” IDM.
- klik IDM di try icon
- klik Option
- Pada Connection/ Speed pilih Other lalu isi 999999 pada kolom bps, dan pada Default Max conn.number pilih 16. Bisa juga, pada Connection/Speed LAN 10Mbs lalu meluncur ke regedit>HKey_Current_User >Software>Download Manager> (lihat jendela kanan) MaxConnectionNumber>double click>pilih decimal> isi dengan 100>ok
- Tutup IDM
- Klik Start kemudian run dan tuliskan "regedit" tanpa petik , kemudian klik ok , Jalankan Regedit>HKey_Current_User >Software>Download Manager> (lihat jendela kanan) Connection Speed>double click>pilih decimal> isi dengan 999999 atau (9, 6x)>OK
- tutup regedit (close)
 
Well, itu tadi tips dan tricknya. Semoga dapat membantu, mohon maaf bila tulisan Saya masih berantakan dan terima kasih telah menyempatkan waktunya untuk berkunjung ke- Blog Saya. ありがとう。(^_^)v