Translate

Senin, 03 Juli 2017

Semua Tentang Lenovo A6000 Plus (Rooting, Upgrading and Flashing)

Semua Tentang Lenovo A6000 Plus (Rooting, Upgrading and Flashing)


Lenovo Indonesia.

Lenovo A6000 Plus, diperkenalkan dan dijual di Indonesia pada April 2015. Di saat yang bersamaan, Lenovo Indonesia, memasarkan beberapa seri ponsel pintar Android sekaligus yaitu Lenovo S60, Lenovo A6000 Plus dan Lenovo A7000. Lenovo A6000 Plus adalah adik dari Lenovo A6000. Lenovo A6000 sendiri dipasarkan pada January 2015. Jarak waktu peluncuran yang begitu singkat antara Lenovo A6000 dan Lenovo A6000 Plus, ditambah dengan bersamaannya peluncuran Lenovo A6000 Plus dan Lenovo A7000 membuat banyak yang mengira bahwa Lenovo A6000 Plus adalah Lenovo A7000.

Padahal kesemua ponsel pintar tersebut, pun hingga Lenovo A7000 Plus, mempunyai spesifikasi tersendiri. Namun secara garis besar. Kesemua ponsel pintar buatan Lenovo terbagi atas dua rasa performa yaitu performa Snapdragon dan MediaTek. Kalian pecinta ponsel pintar Android berperforma Snapdragon, Lenovo mempunyai beberapa seri diantaranya A6000, A6000 Plus, A6010 dan A6010 Plus. Sedangkan bagi Kalian yang menginginkan ponsel pintar Android berperforma MediaTek, Lenovo mempunyai A2010, A5000, A7000, A7000 Plus, A6600 dan A6600 Plus yang bisa Kalian pilih.

Baik. Tanpa basa - basi lagi, Kita masuk ke topik tulisannya.

1. Rooting.


Cukup mudah melakukan root pada Lenovo A6000 Plus. Tanpa menggunakan komputer/laptop, root dilakukan hanya dengan bantuan aplikasi 'Kingo Root'. Unduh terlebih dahulu aplikasinya kemudian pasang seperti biasa lalu jalankan. Selanjutnya sentuh 'One Click Root', tunggu proses root hingga selesai yang ditandai dengan pesan 'ROOT SUCCEEDED'. Selama proses rooting, pastikan Lenovo A6000 Plus-nya tersambung ke internet ya.

Kalian bisa membuktikan apakah rooting terhadap Lenovo A6000 Plus berhasil atau tidak dengan bantuan aplikasi Root Check atau AIDA64 dan bila proses rooting berhasil, akan didapati sebuah aplikasi baru bernama Kingo SuperUser.

2. Upgrading.


a. Upgrade ke Custom ROM Android Kitkat, Lollipop. Marshmallow dan Nougat (32bit)


Mengingat SoCs Lenovo A6000 Plus sudah berarsitektur ARMv8, memungkinkan penggunanya dapat memasang sistem Android versi 32bit maupun 64bit. Dan pembaruan Lollipop 5.0.2 yang diberikan oleh pihak Lenovo merupakan versi 64bit. Sedangkan untuk sistem Android bawaannya, Kitkat 4.4.4, merupakan versi 32bit. Tapi sebelum dapat memasang custom rom, diharuskan terlebih dahulu Kalian melakukan rooting kemudian dilanjutkan dengan memasang custom recovery. Ingat! Custom recovery akan menghapus stock recovery

➲ Unduh dan pasang 'custom recovery'.

Lenovo A6000 Plus Custom Recovery for Kitkat TWRP 2.8.6.1, unduh DISINI! atau DISINI!
Lenovo A6000 Plus Custom Recovery for Lollipop/Marshmallow/Nougat TWRP 2.8.7.7, unduh DISINI! atau DISINI!
Lenovo A6000 Plus Custom Recovery for Lollipop/Marshmallow/Nougat TWRP 3.0.2.0, unduh DISINI! atau DISINI!.

Custom Recovery diatas juga bisa digunakan untuk Lenovo A6000. Lalu apa maksudnya for Kitkat dan yang lainnya? Maksudnya. Apabila ingin menggunakan custom rom based Kitkat maka Kalian juga harus memasang custom recovery untuk KitkatPemasangan custom recovery kali ini dilakukan setelah melakukan root.

Lalu bagaimana cara memasang custom recovery setelah root?
➱ Unduh terlebih dahulu custom recoverynya. Setelah diunduh. Copy dan salin berkas atau file 'recovery.img' ke direktori microsd.
➱ Pasang aplikasi Flashify. Kemudian jalankan aplikasinya dan beri izin akses root.
➱ Lakukan backup terlebih dahulu terhadap stock recovery sebelum memasang custom recovery.
➱ Pastikan Kalian berada di tab 'Flash', kemudian sentuh 'Recovery image' lalu pilih 'choose a file ..'. Arahkan ke berkas 'recovey.img'.
➱ Selanjutnya akan muncul jendela pesan 'Flash recovery ?', beri saja nilai 'Yup!' untuk memulai pemasangan custom recovery.
➱ Terakhir akan diminta untuk mereboot Lenovo A6000 Plus, pilih 'Reboot Now'.
Ilustrasi memasang custom recovery ada dibawah.

➲ Unduh dan pasang 'custom rom'.

Memang Lenovo A6000 Plus tidak mendapat pembaruan sistem ke Android Marshmallow terlebih Android Nougat. Tapi bukan berarti pengguna Lenovo A6000 Plus tidak bisa merasakannya. Pengguna Lenovo A6000 Plus tetap bisa merasakan sistem Android terbaru namun dalam bentuk 'custom rom'.

Banyak sekali pilihan custom rom untuk Lenovo A6000 Plus. Tapi yang terbaik menurut Kami adalah custom rom CyanogenMod 11, 12.1 dan 13. Ketiganya adalah rom versi 32bit. Pilihan custom rom 32bit lainnya untuk Lenovo A6000 Plus, bisa Kalian lihat DISINI!. Ingin merasakan Android Nougat di Lenovo A6000 Plus, tutorialnya ada DISINI!.

Bagaimana cara memasang custom rom? Setiap custom rom mempunyai caranya sendiri untuk pemasangan jadi ikuti saja setiap instruksi yang diberikan. Saran tambahan dari Kami adalah sebelum memasang custom rom, pastikan Kalian telah mencadangkan data - data Kalian yang ada di penyimpanan internal.

Dibawah ini adalah ilustrasinya.

Buat Kalian yang baru pertama kali memasang custom recovery dan custom rom. Kalian akan mendengar kalimat 'copy it to directory microsd' atau salin ke microsd, benar? Apa maksudnya? Maksudnya adalah salin dan tempelkan berkas custom recovery maupun custom recovery ke microsd, jangan ditempelkan atau ditaruh ke dalam folder. Seperti yang terlihat pada gambar diatas, beberapa custom recovery yang Kami taruh di microsd dan siap untuk dipasang.

Lalu bagaimana cara memasang custom recovery melalui aplikasi Flashify? Root telebih dahulu perangkat yang akan dipasangi custom recovery lalu pasang aplikasi Flashify melalui PlayStore. Jalankan aplikasi Flashifynya kemudian ikuti sesuai gambar diatas. Mengapa harus di root? karena Flashify membutuhkan hak akses root. Bisa tidak memasang custom recovery tanpa root terlebih dahulu? Bisa dan itu melalui perintah adb, yang artinya dilakukan dengan bantuan komputer/laptop. Cara lengkapnya ada DISINI!.

3. Flashing.


a. Kembali ke Stock ROM Android Kitkat (32bit).


Seperti yang Kita ketahui bersama. Lenovo A6000 Plus mendapat pembaruan sistem ke Android Lollipop 5.0.2. Kami sendiri lebih menyukai Lenovo A6000 Plus berjalan dengan Android Lollipop 5.0.2 (64bit) karena tidak ada limitasi untuk audionya. Namun rupanya banyak yang tidak menyukai pembaruan tersebut dan menginginkan untuk downgrade/kembali menggunakan Android Kitkat 4.4.4. Apakah bisa? Bisa dong. Begini caranya.

➲ Unduh stock rom Android Kitkat.

Lenovo A6000 Stock ROM Kitkat, unduh DISINI! atau DISINI!
Lenovo A6000 Plus Stock ROM Kitkat, unduh DISINI! atau DISINI!

Stock ROM Lenovo A6000 Plus tidak bisa digunakan untuk Lenovo A6000, begitu pula sebaliknya.

Lalu bagaimana cara flashing stock rom?
➱ Unduh terlebih dahulu stock romnya. Lalu namai ulang menjadi 'update.zip'. Kemudian letakkan berkas tersebut ke direktori microsd.
➱ Back up/cadangkan data - data Kalian terlebih dahulu dan pastikan sesaat sebelum melakukan flashing, daya baterai pada ponselnya lebih dari 75%.
➱ Setelah Kalian mempesiapkan semuanya. Selanjutnya matikan device Kalian lalu masuk ke Recovery Mode. Caranya, tekan dan tahan secara bersamaan tombol 'volume +, volume - dan power'.
➱ Selanjutnya lakukan wipe data/factory reset dan wipe cache partition. Inilah mengapa Kami memerintahkan Kalian untuk melakukan back up data - data.
➱ Kemudian apply update from sdcard dan kemudian arahkan ke berkas update.zip. Proses flashing membutuhkan waktu beberapa menit jadi harap bersabar ya.
➱ Setelah Kalian sukses memasang stock rom Android Kitkat 4.4.4 di Lenovo A6000 Plus, lakukan reboot system now.

Selamat Lenovo A6000 Plus Kalian sudah kembali ke stock rom Android Kitkat 4.4.4. Tapi ingat! Seperti yang sudah Kami sampaikan. Ada limitasi audio di Android Kitkat 4.4.4. Kalian yang ngaku 'audiophile', pasti sepakat dengan Kami. Baik. Sampai disini dulu tulisannya. Bila ada yang dirasa kurang jelas dan ingin ditanyakan, jatuhkan pertanyaannya di kolom komentar. Sampai bertemu di tulisan berikutnya ya.