3 Perangkat Lunak Ripping Audio CD Terbaik

3 Perangkat Lunak Ripping Audio CD Terbaik


Ripping Audio CD.

Hi! Pengunjung dan pembaca setia Gembos Nge-Blog. こんにちは!私たちの訪問者との忠実な読者。 Apa kabar?  お元気ですか? Semoga dalam keadaan sehat dan bahagia ya うまくいけば、健康と幸せそう 😇. Kali ini. Kami sajikan tulisan nominasi tool/alat atau perangkat lunak audio CD ripping terbaik menurut Kami.

Apa sih itu audio CD? Sederhananya. Audio CD adalah sebuah CD yang didalamnya berisikan lagu. Jika Kalian sempat merasakan masa-masa kaset atau bahasa teknisnya audio kaset. audio CD serupa dengan audio cassette/kaset atau audio tape hanya saja audio CD dimungkinkan untuk dibuat cadangannya/backup. Alhasil muncul sebuah teknik atau cara yang disebut dengan ripping.

Masalah baru muncul seiring dengan adanya teknik ripping. Yup. Benar. Legalitas. Bisa ditebak dong siapa yang bersuara paling lantang mengenai legalitas musik? Benar lagi 😄. Perusahaan rekaman. Dahulu. Ripping adalah sebuah tindakan ilegal dan termasuk dalam pembajakan. Teknik ripping sempat menjadi bahasan yang panas kala itu. Namun orang-orang diluar sana memperjuangkan 'Ripping' karena memang tujuan awal me'ripping' adalah membuat cadangan/backup. Kami sepakat bahwa kualitas sebuah kepingan CD maupun DVD lebih buruk dari pita kaset.

Sekarang. Ripping telah dilegalkan jadi Kalian tak perlu takut lagi untuk melakukan ripping. Malahan berkas/file hasil dari ripping dapat dianalisa guna mengetahui apakah audio CD yang sudah Kita beli adalah audio CD asli/original atau tidak. Ripping melindungi konsumen audio CD 👍. Sebelum Kami memberi tahu cara untuk mengetahui keaslian dari sebuah audio CD, Kami sajikan terlebih dahulu 3 perangkat lunak ripping audio CD terbaik.

1. Exact Audio Copy (EAC)

Mengapa EAC? karena tools yang satu ini adalah perangkat lunak gratis/free dan berlisensi propietary. Pengoperasiannya mudah berkat GUI/antar-muka yang bersih. Sebagai salah satu ripping tools yang fokus pada ripping audio CD ke berkas .WAV, EAC bisa melakukan pengujian terhadap track dan juga CUE sheet. EAC juga dipersenjatai metadata freedb, MusicBrainz, Discogs dan CD-Text dan juga dilengkapi dengan fitur unduh sampul album serta AccurateRip 👍.

2. Foobar2000

Foobar2000? Benar kakak 😅. Foobar2000 tak hanya dikenal sebagai pemutar musik terbaik. Sebagai freeware propietary yang fokus pada musik. Foobar2000 juga mampu malakukan ripping audio CD. Tapi jika Kalian memasang Foobar2000 "rasa" biasa, Kalian tidak akan mendapati fungsi ripping padanya. Fungsi ripping akan aktif ketika Kalian juga mengikutsertakan memasang encoder packnya. Foobar2000 tak hanya bisa melakukan ripping audio CD ke berkas .WAV tapi juga ke .flac. Namun sayangnya. Foobar2000 masih memerlukan perangkat lunak iTunes bila Kalian melakukan ripping ke berkas Apple Lossless (.m4a). Wallpaper Eriko Jo NMB48 😄.

3. CUERipper

CUERipper juga memiliki antar-muka yang bersih dan menurut Kami jauh lebih sederhama. Buat Kalian yang mengaku pemula, Kami pastikan Kalian tidak akan dipusingkan dengan tata letak opsi-opsinya. CUERipper dapat melakukan ripping ke kategori format lossless dan lossy dan juga dapat melakukakan ripping dalam bentuk imaga/citra atau track. Kami akan berikan langkah-langkahnya meripping audio CD dengan menggunakan CUERipper di tulisan berikutnya. Berbeda demgan dua tools diatas, CUERipper berlisensi GPL free software.

Mana yang paling bagus dari ketiga tools tersebut? Semuanya bagus. Itu sebabnya Kami memasukan ketiganya kedalam 3 perangkat lunak ripping audio CD terbaik. Perbedaanya hanya terletak pada opsi-opsinya saja dan itu berbanding lurus dengan pengalaman serta pengetahuan dan pemahaman penggunanya terhadap coding, encoding, DSP, bitrate, frekuensi dan sebagainya, tentunya yang masih ada hubungannya dengan musik/audio/sound.

Baik. Sekian tulisan Kami kali ini. Semoga bermanfaat dan menginspirasi. Terimakasih atas kunjungannya.
訪問していただきありがとうございますLangkah-langkah meripping audio CD akan Kami berikan ditulisan berikutnya.