2 Alternatif Aplikasi File Manager (I)

2 Alternatif Aplikasi File Manager (I)


File Manager (Gambar diambil dari: Icon Finder).

Hi! Pengunjung dan pembaca setia Gembos Nge-Blog. Apa kabar? お元気ですか?. Kali ini Kami sajikan tulisan mengenai aplikasi File Manager pada ponsel pintar Android. Kalian sudah pasti mengetahui kan aplikasi File Manager beserta kegunaannya?. Oleh sebab itu. Kali ini Kami tidak menggunakan kata 'terbaik' pada judul tulisan karena sepengetahuan Kami tidak ada ponsel pintar Android yang dijual dengan tidak memiliki aplikasi File Manager didalam sistem Androidnya.

Tinggal kembali ke selera penggunanya. Apakah sudah sesuai dengan kebutuhannya dari kemampuan hingga fitur - fiturnya. Kami masih ingat. Aplikasi File Manager pada Samsung Galaxy Ace Plus GT-S7500 tidak dibekali dengan fitur Recycle apalagi FTP. Bahkan pada ponsel pintar Android Lenovo A7000 Plus pun, tidak ada fitur 'tempat sampah' pada aplikasi File Managernya tapi setidaknya sudah dibekali dengan fitur FTP.

Kalau begitu, Kita langsung saja. Berikut 2 Alternatif Aplikasi File Manager.

1. File Commander


File Commander adalah manajer file untuk perangkat Android dengan antarmuka yang bersih dan intuitif. Aplikasi tersebut dapat Kalian unduh gratis namun bila Kalian ingin mendukung pengembangnya dan menginginkan fitur modus aman, recycle bin, akses file dan folder tersembunyi dan masih banyak yang lainnya. Kalian cukup membeli lisensinya.

Meski Kalian hanya menggunakan versi gratisnya, Kalian masih bisa menikmati fitur 'PC File Transfer'. Dengan begitu, Kalian bisa memikirkan ulang apakah masih membutuhkan aplikasi WiFi File Transfer, SuperBeam atau aplikasi sejenis lainnya terutama bagi pemilik ponsel pintar dengan memori penyimpanan terbatas.

Tak hanya menjadi FTP server, dengan File Commander, ponsel pintar Android Kalian bisa menjadi FTP client. Cukup dengan beberapa langkah sederhana, Kalian sudah dapat mengakses berkas dari FTP server. Selain itu. Kalian juga dapat menambahkan akun cloud storage pada File Commander dan menjadikan ponsel pintar Android Kalian sebagai SMB client dengan aplikasi tersebut.

2. ASUS File Manager (File Explorer)


Ini adalah salah satu aplikasi File Manager bikinan ASUS. Namun ASUS dengan sengaja membuat aplikasi File Managernya agar bisa dipasang di ponsel pintar selain ASUS. Tampilannyapun berciri khas ASUS.

Peletakan opsi - opsinya cukup bagus. Bisa Kita lihat bersama. Tampilan beranda aplikasi tersebut sangat bersih. Mau menjadikan ponsel pintar Kalian sebagai SMB client, cukup sentuh opsi 'Lokasi Jaringan'. Mau menambahkan penyimpanan awan, cukup sentuh 'Tambahkan Penyimpanan' lalu masuk ke akun cloud storage masing - masing. Mengingat aplikasi tersebut bikinana ASUS, sudah pasti Kalian dapat menambahkan akun ASUS WebStorage.

Mau berbagi pakai berkas atau streaming file multimedia dari perangkat seluler ke komputer, tinggal sentuh opsi 'Pemindahan File PC'. Cukup mudah bukan?.

Jika Kami ditanya, 'Diantara keduanya, mana yang lebih bagus?' Kami pastikan bahwa Kami tidak akan menjawabnya. Namun bila ditanya, 'Mana yang sesuai dengan kebutuhan Kami' Kami menjawab File Commander. Kami lebih memilih untuk membeli lisensi File Commander agar Kami bisa menikmati fitur recycle bin daripada Kami harus merasa bosan setiap melihat antarmuka ASUS File Manager (File Explorer).

Kami rasa. Mempunyai 3 unit ponsel pintar ASUS lintas generasi, sudah lebih dari cukup membuat Kami bosan dengan tampilan File Managernya. Baik. Sampai disini dulu tulisannya. Semoga menginspirasi dan bermanfaat.