Greenify, membebaskan RAM Android non-ROOT (II)

Greenify, membebaskan RAM Android non-ROOT (II)


Gembar diatas Kami ambil dari JalanTikus.

 Tulisan Kami kali ini adalah lanjutan dari 'Greenify, membebaskan RAM Android non-ROOT'. Hampir satu tahun menggunakan Greenify di perangkat Lenovo A7000 Plus yang non-root terlebih perangkat tersebut mendapatkan pembaruan ke Android Marshmallow, di saat itulah Greenify menunjukan kemampuan yang tidak sebagus bila dibandingkan pada perangkat yang sudah ter-root. Greenify adalah salah satu 'Aplikasi Wajib Pasca Root' yang Kami sarankan.

 Pada mode 'non-ROOT', ada beberapa opsi yang ada pada Greenify yang tidak bisa dinyalakan yaitu 'Shallow Hibernation, Aggresive Doze dan Wake-up Tracking and Cut-off' namun bukan berarti tidak ada cara untuk menyalakannya. Memang cara yang harus ditempuh harus menggunakan PC/Laptop, lengkap dengan driver yang sudah terpasang dan ADB. Suka tidak suka, Kamu harus bersusah-susah mengetikan baris perintah pada cmd 😆. Perlu diingat! Beberapa dari opsi-opsi tersebut masih ada yang berstatus '(uji coba)'

 Baik. Sebelum Kami lanjutkan tulisannya. Kamu unduh terlebih dahulu 'MTK USB All' disini atau disini untuk versi yang terbaru. 'Apakah cara ini hanya untuk perangkat SoCs MediaTek?', Tidak. Sebenarnya tool yang diperlukan adalah ADB dan dikarenakan paket tersebut berisikan ADB didalamnya, maka Kami menggunakan MTK USB All dan gunakan 7-zip untuk mengekstrak paket.

 Pastikan Kamu telah menampilkan 'Opsi pengembang' dan menyalakan USB Debugging pada perangkat Androidnya dan PC/Laptop yang akan digunakan berhasil mengenali perangkat tersebut. Artinya. Pastikan juga driver untuk perangkat Androidnya, terpasang sempurna. Lalu matikan program anti virus yang ada pada PC/Laptop yang digunakan. Setelah itu, jalankan cmd.exe dengan hak akses Administrator.



 ➱ Gb. 1. Buka cmd.exe dengan hak akses Administrator kemudian masuklah ke direktori dimana berkas adb.exe berada dengan perintah cd.

 ➱ Gb. 2. Setelah Kamu berada di direktori berkas adb.exe. Coba sapa perangkat androidmu, adb devices, lalu tekan enter.

 ➱ Gb. 3. Jika pesan yang ditampilkan, List of devices attached, itu artinya perangkat mu merespon. Sekarang, untuk menyalakan Aggressive Doze, adb -d shell pm grant com.oasisfeng.greenify android.permission.DUMP. Kemudian tekan enter.

Add caption

 ➱ Gb. 4, untuk menyalakan Wake-up Tracking and Cut-off, adb -d shell pm grant com.oasisfeng.greenify android.permission.READ_LOGS, kemudian tekan enter. Sementara Gb. 5, masih untuk Wake-up Tracking and Cut-off, adb -d shell pm grant com.oasisfeng.greenify android.permission.WRITE_SECURE_SETTINGS, lalu tekan enter. Selanjutnya ketik exit lalu tekan enter, untuk mengakhiri proses debugging. Lalu Kamu bisa mencabut perangkat Androidmu dari USB.

Sekarang buka pengaturan pada Greenifynya. Lihat. Aggressive Doze dan Wake-up Tracking and Cut-off telah aktif. Sementara Shallow Hibernation atau Hibernasi Dangkal, seperinya, tidak bisa dijalankan pada perangkat non-ROOT.

 Sekian tulisan dari Kami. Semoga membantu dan bermanfaat. Bila ada yang mengalami kesulitan, curahkan di kolom komentar atau Google+. Terima kasih Oasis Feng untuk aplikasinya. Sampai jumpa.