Panduan Lengkap Menghapus dan Memasang Driver AMD

Panduan Lengkap Menghapus dan Memasang Driver AMD 


AMD.

Memasang driver sebuah piranti perangkat keras itu tidak sembarangan. Diperlukan cara khusus agar piranti peangkat keras nantinya dapat berjalan dengan semestinya. Terlebih jika saat memasang driver adalah tujuannya untuk pembaruan. Tak hanya membutuhkan cara khusus tapi juga memerlukan kehati-hatian lebih agar driver versi terbaru tidak mengalami kegagalan fungsi. 😁

Jika Kalian mendapati masalah saat memasang driver sebuah piranti perangkat keras itu bukan hanya karena kesalahan mengunduh versi driver, ketidaksempurnaan berkas unduhan ataupun yang lainnya melainkan memasang driver itu sendiri. Di Linux, katakanlah Ubuntu. Sesudah melakukan pemasangan driver NVidia, sangat disarankan untuk menghapus Nouveau. Sementara memasang driver AMD di Ubuntu, harus menempuh "perjalanan" yang panjang. Bagaimana kalau di Windows? Bagi Kalian, saat memasang driver yang mengandalkan double klik kiri. Kami pastikan. Kalian akan mendapati galat error setelah sistem memulai ulang atau bisa juga merasakan ketidakstabilan bahkan ketidakberesan sistem.

Lalu bagaimana cara memasang driver yang tepat terlebih driver kartu grafis? Berikut langkahnya: 😄

Unduh terlebih dahulu drivernya. Link unduhan ada DISINI! Sebelum mengunduh, pastikan bahwa Kalian telah mengetahui tipe GPU dan juga sistem operasi yang sedang dipakai. Setelah selesai mengunduh. Bagi yang baru pertama kali memasang driver AMD, cukup jalankan berkasnya dengan klik kanan - Run as Administrator lalu ikuti saja pertintah-perintah selanjutnya. Bagi yang ingin memperbarui, tunggu, abaikan sejenak berkas drivernya. Kemudian buka opsi 'Default Programs' atau Control Panel - Programs - Programs and Features pada Windows.

Note:
➯ 'Bagi yang akan memperbarui dari Crimson 16.12.1 ke 16.12.2. Cari AMD Software atau AMD Install Manager lalu klik Change atau Uninstall/Change'. 
➯ 'Bagi yang akan memperbarui dari Catalyst ke Crimson. Cari AMD Catalyst Install Manager lalu klik Change atau Uninstall/Change'. Kemudian pilih 'Uninstall Manager' lalu klik Next. Selengkapnya dalam menghapus driver AMD Catalyst ada DISINI! 

Beri centang pada semua opsi yang ada, tanpa terkecuali lalu kemudian klik 'Clean Uninstall'. Bagi yang tampilan opsinya tidak seperti gambar diatas, silahkan KESINI!.

Tunggu proses uninstall hingga benar-benar selesai (Gb. 1). Jika sudah selesai, klik 'Restart Now' (Gb. 2).

Setelah sistem memulai ulang. Klik kanan - Run as Administrator berkas drivernya lalu klik 'Install' (Gb. 1) dan tunggu proses ekstraksi hingga benar-benar rampung (Gb. 2).

Kemudian klik 'Custom Install' (Gb. 1) lalu beri centang pada semua plihan yang diberikan dan klik 'Next' (Gb. 2).

Disini Kalian diberikan pilihan apakah ingin memasang Radeon ReLive atau tidak. Jika tidak maka Kalian klik 'Skip' dan restart systemnya. Apabila ingin memasang Radeon ReLive, klik 'Install Radeon ReLive' (Gb. 1), tunggu hingga pemasangan selesai. Jika sudah, terakhir beri centang pada 'Keep system up-to-date' lalu klik 'Restart Now' (Gb. 2).

Selamat driver AMD mu sudah versi terbaru. Ingin membuktikannya? Buka AMD Radeon Settings kemudian klik opsi 'System'. Disana Kalian akan mendapati informasi lengkap mengenai versi driver. Lanjut buka GPU-Z dan lihat bagian driver version. 21.19.407.0 merupakan versi OpenCL sedangkan Crimson 16.12.2 adalah versi paket drivernya. Dikarenakan kartu grafis Radeon tidak memiliki CUDA dan PhysX, praktis GPU-Z hanya membaca OpenCL dan DirectCompute.

Kiat:
➱ Sebelum melakukan pemasang driver. Pastikan telah mematikan opsi UAC atau User Account Control.
➱ Matikan juga antivirus dan program pemantau lainnya seperti CCleaner.
➱ Sementara bagi pengguna laptop. Unduh driver terbaru dari situs resmi vendor laptop yang Kalian pakai. Bila tidak mendapat pembaruan, sangat disarankan untuk tidak memperbarui driver yang diunduh melalui situs AMD.


Kami mencoba bermain CS:GO untuk melihat apakah kartu grafisnya berfungsi dengan semestinya dengan menggunakan AMD System Monitor.


Masih menggunakan AMD System Monitor untuk memantau, Kami mencoba menjalankan permainan Tomb Rider. Buat Kalian yang menggunakan sistem Dual-Graphics (APU+Radeon) maupun Dual Chip Graphics (Intel HD & Radeon), AMD System Monitor sangat bisa diandalkan sebagai pemantau.

Baik. Sampai disini dulu ya panduannya 😄. Bila ada yang belum jelas dan ingin bertanya lebih lanjut, jatuhkan pertanyaannya di kolom komentar yang telah Kami sediakan 😇.

2 komentar

  1. misi gan, problem ane ini termasuk problem masal di semua jenis amd driver ini mulai yg crimpson ampe adrenalin edtion 2019 yaitu :

    1. Tidak ada opsi instal relive.
    2. Maka tidak ada menu tab relive.
    3. Pas nge instal custom pun tidak ada opsi tetek bengek nya kayak punya agan di atas.
    4. instal auto detect atau manual pun sudah ane lakuin, adrenalin versi 19.1, 19.2, 19.3 semua tidak ada opsi instal relive.
    5. Saat instal auto detect atau perbarui online via radeon seting ada embel embel amd-radeon-seting-win10_64bit-minimalsetup.
    ( kok minimal sih ) apaan.

    info :

    Laptop asus x540bp
    amd dual grapik.
    A9-9425, Radeon 5 series, m420.
    4gb ram, 1tb.

    tanks gan.

    BalasHapus
  2. Hi... Sebelumnya terimakasih atas kunjungannya. Memang bisa memasang driver AMD (versi AMD) di platform laptop tapi alangkah baiknya untuk memasang driver AMD (versi vendor laptop), dalam hal ini adalah Asus. Jika agan memasang driver AMD yang ASUS berikan tentu tidak akan menerima informasi amd-radeon-seting-win10_64bit-minimalsetup. Semoga membantu.

    BalasHapus