DOLBY Atmos on Android

DOLBY Atmos on Android 


DOLBY.
Dolby, tentunya siapa yang tidak kenal dengan teknologi pengolah suara yang cukup fenomenal ini. Di dunia telepon pintar, Android khususnya. Dolby tak hanya hadir pada ponsel pintar kelas menengah saja. Beberapa tipe ponsel pintar kelas bawah atau yang sering disebut entry-level juga ikut meminang teknologi pengolah suara tersebut. Salah satunya adalah Smartfren. Beberapa ponsel pintar Smartfren Andromax milik Kami terbenamkan teknologi pengolah suara milik Dolby Laboratories. Meski bukan DOLBY Atmos, melainkan hanya DOLBY Digital Plus namun kualitas suara yang disajikan tidak bisa diabaikan. DOLBY Atmos adalah karya terbaru dari Dolby Laboratories. Karya mereka tak hanya DOLBY Digital Plus dan DOLBY Atmos saja. Jika Kalian sering mengolah pengaturan piranti lunak MPC-HC, Kalian pasti menjumpai opsi bitstreaming. Disana ada beberapa teknologi milik DOLBY diantaranya, DOLBY Digital, DOLBY Digital Plus, DOLBY TrueHD, DTS dan DTS-HD.
 
Begitu menakjubkannya karya-karya milik Dolby laboratories tersebut, hingga "diusahakanlah" memporting DOLBY agar bisa dipasang di hampir semua ponsel pintar Android. Tepat sekali. Tidak semua ponsel  pintar Android mengadopsi DOLBY. Ponsel pintar Android milik Kami yang mengusung DOLBY adalah LENOVO A6000 Plus dan LENOVO A7000 Plus. Kalian yang ingin merasakan DOLBY tapi secara baku tidak terpasang aplikasi DOLBY. Tenang. Kalian masih bisa mencicipi krispinya DOLBY, cara-caranya bisa Kalian simak di forum Android terbesar, XDA. Sepengalaman Kami. Suara yang dihasilkan DOLBY jauh lebih Hi-Fi bila dibandingkan dengan BEATS.

Kemudian apakah kesemua pemutar audio yang ada di PlayStore mendukung DOLBY? Bisa Kami katakan. DOLBY adalah extrernal equalizer. Jadi bila pemutar audio yang sedang Kalian gunakan telah memiliki built-in equalizer terlebih telah memiliki built-in effect. Besar kemungkinan DOLBY tidak dapat dijalankan saat Kalian sedang memainkan lagu dengan built-in equalizer dan effect dinyalakan. Tapi ada juga aplikasi yang mampu mencampur built-in nya sendiri dengan aplikasi external equalizer seperti DOLBY.

Berikut adalah aplikasi. Menurut Kami sangat mantap apabila disandingkan dengan DOLBY.

Bebas biaya tapi berisi iklan.


Tentunya banyak jajaran aplikasi gratis yang berisi iklan. Salah satunya DDBF2 Music Player atau DeaDBeeF2 Music Player.

Saran aplikasi gratis berisi iklan lainnya adalah :

Berbayar.


Sangat banyak deretan aplikasi berbayar yang ada di PlayStore. Salah satunya adalah Rocket Player : Music Player. Bahkan beberapa dari aplikasi-aplikasi gratis berisi iklan menyediakan unlocknya untuk membebaskanmu dari iklan-iklan.

Saran aplikasi berbayar lainnya adalah :

Gratis.


'Mengapa gratis? karena tak ada biaya yang dikeluarkan' Bukan hanya tak ada biaya yang dikeluarkan tapi juga tak berisi iklan. Sangat sulit mencari aplikasi pemutar musik yang bebas biaya dan tanpa iklan. Salah satunya adalah Foobar2000. Benar. Sejak pertama kali menyapa penggemarnya di Android dan hingga kini, Foobar2000 bersifat gratis dan tidak berisi iklan. Kami berharap agar Foobar2000 selamanya seperti itu.

Saran aplikasi gratis lainnya adalah :
CapTune. Mungkin nama tersebut terdengar asing. Tapi bila Kami memberi kata Sennheiser sebelum kata CapTune, Kalian akan menyadarinya. Benar. Aplikasi tersebut adalah bentuk terima kasih Sennheiser bagi pengguna Headphones, Headsets maupun Loudspeakernya. Meski Kami hanya menguji coba aplikasi CapTune dengan In-Ear Headphones SoundMagic dan Headphones Clarion tapi suara yang dihasilkan sangat memukau. CapTune sangat Kami sarankan untuk Kalian yang menginginkan aplikasi music player bertenaga, gratis dan tanpa iklan.

Ya. Demikian yang bisa Kami berikan. Semoga tulisan ini bisa menjadi panduan serta rujukan bagi siapa saja. Selamat menikmati musik. Punya saran aplikasi musik player lainnya, Kalian bisa membaginya di kolom komentar.