Pengaturan Dua Chip Grafis (II)

Pengaturan Dua Chip Grafis (II) 


Intel Graphics and AMD Radeon Graphics.
Kali ini Kami memberi tulisan mengenai Pengaturan Dua Chip Grafis (II) dimana merupakan lanjutan dari tulisan Pengaturan Dua Chip Grafis (I). Sejatinya. Opsi Dua Chip Grafis maupun Dual Graphics merupakan sebuah investasi yang tak ternilai serta mampu memberikan pengalaman lebih bagi penggunanya. Namun kenyataannya masih banyak game-game yang tidak mendukung fitur Dua Chip Grafis

Komposisi yang sering dijumpai pada sistem, terutama laptop, yang mengusung dua chip grafis adalah AMD APU Radeon Integrated + AMD GPU Radeon Dedicated, Intel HD Graphics Integrated + NVidia GeForce Dedicated dan Intel HD Graphics Integrated + AMD GPU Radeon Dedicated. Mengapa tidak disebutkan komposisi AMD APU Radeon Integrated + NVidia GeForce Dedicated? karena komposisi tersebut adalah komposisi yang mustahil dapat benar - benar ada pada sistem laptop tapi bila pada sistem desktop, komposisi tersebut bisa dijumpai.

Baik. Seperti apa pengaturannya? Laptop kali ini yang Kami gunakan adalah laptop tua Kami yakni HP 431-2430. Laptop tersebut memiliki spesifikasi yang jauh berbeda dengan laptop HP 1000-1126TU. Bagi Kalian pengguna laptop HP, Kami punya tips sederhana. Laptop ku punya dua grafis tapi kenapa ya setiap dipakai untuk bermain game selalu yang terpakai Intel HD Graphicsnya?. Jika Kamu memiliki pertanyaan serupa, langsung saja masuk ke BIOS laptop HP kamu. Bila Kamu menemukan opsi pengaturan 'switchable graphics', pastikan Kamu memberi nilai 'Dynamic Mode'. Namun bila tidak ada opsi pengaturan 'switchable graphics', Kami pastikan laptop tersebut bekerja pada 'Fixed Mode'.

Seperti halnya pada kedua laptop HP Kami. HP 1000-1126TU memiliki pengaturan 'switchable graphics' pada BIOSnya sedangkan pada HP 431-2430 tidak memiliki pengaturan tersebut. Sehingga untuk memastikan bahwa grafis manakah yang ingin digunakan pada HP 431-2430 jauh lebih mudah karena Kami cukup mengaksesnya melalu pintasan 'configure switcable graphics' yang ada di desktop..

Tangkapan layar diatas adalah spesifikasi lengkap HP 431-2430 LV443PA#AB4. Coba Kalian bandingkan dengan spesifikasi HP 1000-1126TU. HP 1000-1126TU "diduetkan" dengan GPU diskrit Radeon HD7450M. Sedangkan pada HP 431-2430 GPU diskritnya adalah Radeon HD6470M. Performa kedua tipe Radeon tersebut sebenarnya tidak terpaut jauh tapi mengingat VRAM yang ada pada Radeon HD6470M hanya sebesar 512MB saja membuat laptop tersebut tidak ayik bila diajak untuk bermain game. Bahkan ketika Kami gunakan untuk bermain PES2015, Kami merasakan lag yang cukup parah bila Kami mengikuti pengaturan pada tulisan Bermain PES2015 di Laptop HP 1000-1126TU.

Laptop HP Kami yang satu ini bekerja dengan 'Fixed Mode'. Sehingga Kami tidak akan mendapati opsi 'Radeon Graphics Properties' bila GPU yang sedang Kami gunakan adalah GPU terintegerasinya atau Intel HD Graphics.

Gambar diatas adalah kondisi saat dimana GPU Intel HD Graphics ditetapkan sebagai GPU primer. Terlihat disana tidak didapati opsi 'Radeon Graphics Properties'. Ingin menetapkan grafis diskritnya sebagai GPU primer, berikut caranya.

Kalian hanya cukup memilih 'High-performance GPU' pada opsi 'Choose a Graphics Processing Unit:' dan selanjutnya mengklik 'Change' lalu tunggu beberapa saat. Selama menunggu, Kamu akan mendapati layar laptop Kamu berkedip beberapa kali. Itu wajar dan normal jadi jangan panik.

Dan gambar diatas adalah kondisi saat dimana GPU diskrit, Kami tentukan sebagai GPU primer dan baru disitu opsi 'Radeon Graphics Properties' terlihat.

Seperti yang telah Kami sampaikan. VRAM pada laptop HP 431-2430 hanya sebesar 512MB, membuat pengaturan pada tulisan Bermain PES2015 di Laptop HP 1000-1126TU tidak bisa Kami terapkan. Tapi tanang Kami punya pengaturan alternatifnya. 

Klik kanan area kosong pada desktop lalu pilih 'Graphics Properties'nya AMD Radeon. Selanjutnya mengarahlah ke Gaming -> Gaming Performance -> Standard 3D Settings. Kemudia geser slide ke sisi Performance.

Selanjutnya menujulah ke Gaming -> Image Quality -> Anti-Aliasing. Ikuti saja yang terlihat pada gambar diatas.

Kemudian beralihlah ke Gaming -> Image Quality -> Anti-Aliasing Mode. Geser slide ke sisi Performance.

Terakhir, Gaming -> Image Quality -> Anisotropic Filtering. Kemudian beri centang pada Use application settings.

Baik itu tadi pengaturannya. Semoga membantu ya. Bila ada yang masih belum jelas, bisa Kamu jatuhkan pertanyaanmu di kolom komentar. Selamat liburan ya.