Semua Tentang ASUS ZenFone 4 (Rooting, Upgrading and Flashing)

Semua Tentang ASUS ZenFone 4 (Rooting, Upgrading and Flashing) 


ASUS ZenFone 4.
Hi kerabat Gembos. Setelah beberapa kali Kami menulis tulisan mengenai hardware atau perangkat kelas. Kali ini. Kembali Kami menyajikan tulisan tentang, ya gak jauh-jauh dari Android yaitu rooting, upgrading dan flashing. Ponsel cerdas yang beruntung kali ini atau dalam kata lain kelinci percobaan adalah ASUS ZenFone 4. Tepat dua (2) tahun, kurang tiga (3) hari, Kami menggunakan ASUS ZenFone 4. Akhirnya. Kami memutuskan dan melakukan dengan sengaja proses rooting, upgrading dan flashing pada ponsel pintar tersebut. 

Ini tulisan Kami mengenai ASUS ZenFone 4. Teringat jelas. Saat itu. Saya dan rekan Saya benar - benar sangat bersemangat atau penuh gairah ingin memiliki ponsel pintar tersebut karena Kami berdua sangat penasaran dengan System on Chips (SoCs) milik Intel yang diusung ASUS. Menurut Kami. Waktu itu, ASUS sangat percaya diri dengan memperkenalkan ponsel pintarnya yang ber-chipset-kan Intel disaat yang lain lebih mempercayakan ponsel pintarnya ditenagai oleh MediaTek dan Snapdragon. Rasa penasaran Kami pun terjawab setelah Kami bisa membawa pulang ponsel pintar tersebut meski kesan pertama yang Kami dapatkan adalah tidak sebagus yang ada didalam benak Kami.

Baik. Tanpa basa - basi dan mengulur - ulur waktu lagi. Berikut langkah - langkahnya :


I. Rooting.


1. Unduh dan Ekstrak.

- Unduh berkas intelandroiddrvsetup1.1.5.zip dan Root_V2_Zenfone 4_T001.rar. Alamat unduhan akan Kami berikan di Google+ atau pada kolom komentar. Sebelum mengunduh, matikan segala anti virus maupun pemantau yang terpasang pada PC/Laptop Kamu. Serta matikan UAC (User Account Control)

- Bila telah berhasil mengunduh berkas yang dibutuhkan. Terlebih dahulu lakukan 'uji arsip'. Ini dimaksudkan agar tidak ada pertanyaan 'kok corrupt?', 'Gak bisa di ekstrak' atau semacamnya, yang besar kemungkinannya disebabkan oleh proses unduhan yang tidak berjalan dengan semestinya.

- Bila hasil pengujiannya seperti yang terlihat pada tampilan diatas, artinya berkas yang Kamu unduh normal. Bila tidak, silahkan unduh ulang berkas yang rusak. Lakukan pengujian pada kedua bahan tersebut. Kami melakukan pengujian dan ekstrak berkas menggunakan 7-Zip alasannya karena open-source.

- Mula - mula lakukan ekstrak pada intelandroiddrvsetup1.1.5.zip. Pengekstrakan menghasilkan sebuah berkas dengan nama IntelAndroidDrvSetup1.1.5.exe. Ingat! Hasil ekstrak jangan berada didalam folder dan letakkan pada desktop bukan pada partisi lain. Berkas (.exe) tersebut adalah driver ASUS ZenFone 4.

- Lakukan pemasangan untuk driver tersebut dengan cara klik 2x berkas (.exe)nya. Kemudian klik Next -> I Agree -> Next -> Install. Tunggu hingga pemasangan selesai.

- Langkah terakhir pemasangan driver, klik OK lalu Finish. Selamat! Kamu telah berhasil melakukannya tapi perjalanan masih sangat panjang.

- Lakukan hal yang serupa seperti pada berkas intelandroiddrvsetup1.1.5.zip terhadap berkas Root_V2_Zenfone 4_T001.rar. Namun kali ini. Ekstrasi menghasilkan tujuh (7) buah berkas.

Kita tinggalkan dan beralih sejenak ke ASUS ZenFone 4nya.

Seperti yang sudah Kami katakan sebelumnya. Kami dengan sengaja meroot, upgrade dan flash ASUS ZenFone 4 (Nomor Model ASUS_T001) milik Kami. Oleh sebab itu. Kami melakukan 'factory reset' tersebih dahulu dan mencabut semua SIM Card serta MicroSDnya. Bisa Kita lihat bersama versi Android yang terpasang adalah Android KitKat 4.4.2 dan nomor bentukan KVT49L.WW_ZenFone-V6.6.3-20141229 bla bla bla. Mengapa Kami menuliskan nomor bentukannya? Supaya di perhatikan haruf 'WW'nya. Ini penting bila Kamu ingin meningkatkan dari KitKat ke Lollipop atau sebaliknya sebab WW artinya World Wide alias produk global. Di Indonesia, ASUS ZenFone 4 menggunakan kode huruf WW. Sementara China/Tiongkok dengan huruf CN dan Taiwan dengan huruf TW. Ya. Hanya dua (2) negara tersebut yang mempunya kode sendiri - sendiri. Kemudian aktifkan opsi pengembang, dengan cara menyentuh tiga (3) kali berturut - turut nomor bentukan. Selanjutnya akan muncul notifikasi, Selamat! Anda sudah menjadi seorang pengembang.

Bila opsi pengembang telah aktif, beri centang pada Debugging USB dan yakinkan dengan menyentuh OK. Setelah itu matikan ASUS ZenFone 4nya seperti biasa.

2. Pelaksanaan.

- Pegang ASUS ZenFone 4nya erat - erat. Lakukan penekanan pada kombinasi tombol (Volume atas + Power). Jangan lepaskan kombinasi tombol tersebut meski Kamu telah melihat logo khas Android (robot hijau)! Tekan terus sampai Kamu melihat deretan opsi atau biasa disebut fastboot mode. Lalu kemudian tancapkan ponsel pintar tersebut.

- Bila Kamu mendapatkan pesan seperti gambar diatas, artinya Kamu telah dengan benar memasang driver ASUS ZenFone 4nya. Tapi bila tidak sama, Kamu melewatkan sesuatu. Baca baik - baik dan ulangi dari awal. Namun bila tetap tidak sama, kemungkinan, versi Windows yang Kami gunakan (Windows 7 Pro SP1 64bit) berbeda dengan versi Windows punya Kamu atau ada kerusakan baik pada kabel maupun konektor USB yang ada di ponsel pintarnya atau komputer/laptop atau yang lebih buruk eMMC pada ASUS ZenFone 4 telah rusak atau mendekati sehingga tidak terbaca pada komputer/laptop. Pesan Kami saat melakukannya jangan menggunakan USB Hub. Bila Kamu pengguna komputer meja/desktop dan sering mendengar bunyi seperti perangkat USB yang tercabut, itu artinya PSU atau Power Supply Unit komputer Kamu tidak standart. 

- Jalankan berkas OPEN dengan cara, klik kanan -> Run as Administrator.

- Sebagai pemanasan. Coba ketikkan adb devices lalu tekan enter. Bila diakhir kalimat berbunyi List of devices attached, itu terdengar bagus. Sekarang ketikkan fastboot flash update root_zenfone4_v2.zip lalu tekan enter. Tunggu dan bila berbunyi Finished. Total time:, itu juga terdengar bagus dan menggembirakan karena ASUS ZenFone 4 Kamu sudah berstatus root. Mari buktikan!

3. Pembuktian.

- Bila proses pelaksanaannya berhasil maka didapati sebuah aplikasi baru, yaitu SuperSU dan ketika Kami membuktikannya dengan aplikasi Root Check bikinan joeykrim dan JRummy Apps Inc. Keduanya menyatakan bila ponsel pintar Kami telah di root. Juga ketika Kami memasang salah satu aplikasi wajib pasca root, Greenify, aplikasi tersebut bisa berjalan pada mode root.

II. Upgrading.


1. Persiapan, Unduh dan Pemasangan.

- Versi Android Lollipop untuk ASUS ZenFone 4 memiliki angka 7.3.3. Proses upgrade kali ini hanya bisa dilakukan secara offline baru kemudian bila upgrade ke 7.4.4 bisa dilakukan secara online atau OTA. Namun sebelum bisa ditingkatkan ke versi 7.3.3, ASUS ZenFone 4 harus berada di posisi 6.6.3. Bagaimana bila masih di versi 6.5.27? Lakukan pembaruan hingga ke versi Android KitKat paling akhir 6.6.3.

- ASUS ZenFone 4 A400CG (T001) berbeda dengan ASUS ZenFone 4 A450CG dan proses upgrade pada tulisan kali ini ditujukan bagi pengguna (T001). Disarankan untuk melakukan 'Factory Reset' sebelum melakukan peningkatan dan status root akan hilang bila Kamu jadi melakukan peningkatan.

- Unduh firmware 7.3.3 (UL-ASUS_T00I-WW-7.3.3.0-user.zip) nya. Salin kedalam microSD dan jangan kedalam folder apapun! Setelah berhasil menyalin, cabut microSDnya. Matikan T001nya lalu masukkan microSD yang berisi firmware 7.3.3 tadi ke slotnya dan pastikan semua SIM Card sudah dicabut lalu hidupkan seperti biasa T001nya.

- Bila Kamu sudah benar dalam meletakkan firmware 7.3.3 nya maka dengan sendirinya sistem membaca adanya firmware baru dan memperingatkanmu untuk melakukan peningkatan versi. Namun bila tidak, coba nyalakan ulang T001nya. Walaupun sistem mengatakan setidaknya daya pada baterai tersisa 15% tapi Kami menganjurkan lebih dari 65%. Tunggu hingga proses pembaruan dan peningkatan versi Android selesai. 

2. Penampakan.

- Saat Kami menikmati T001 dengan versi Android baru, seketika itu Kami mendapatkan notifikasi adanya pembaruan. Apa yang baru di 7.3.3? Dihilangkannya beberapa aplikasi, diantaranya ; Google Text to Speech dan Movie Studio. Namun ditambahkan beberapa aplikasi, salah satu diantaranya adalah Clean Master. 

- Masih ingat dengan kode huruf WW atau World Wide yang sudah Kami singgung diatas? Indonesia termasuk kedalam kode WW.

III. Flashing.


- Flashing pada T001 serupa dengan Upgrading. Sebelumnya. Unduh terlebih dahulu berkas A400CG_all_WW_user_V6.5.27.raw dan salin kedalam microSD. Jangan kedalam folder apapun! Masukkan kembali microSD ke slotnya lalu hidupkan T001 ke mode fastboot dengan menekan kombinasi tombol (Volume Atas + Power).

- Tampilan diatas adalah tampilan dimana T001 dalam mode fastboot. Untuk memulai flashing. Arahkan ke SD DOWNLOAD. Namun bila Kamu melihat pesan 'unable to mount sd card partition', lakukan REBOOT DROIDBOOT. Tunggu sebentar. Kemudian lakukan kembali SD DOWNLOAD dan proses flasing pun berlangsung. Tunggu ya hingga flashing selesai. Pastikan daya pada baterai 75%.

Baik. Sampai disini dulu ya. Semoga bermanfaat. Bila ada yang ingin ditanyakan, jatuhkan pertanyaanmu di kolom komentar dan terkait link downloadnya, akan Kami berikan di Google+ atau di kolom komentar. Terima kasih.