Pengaturan Dua Chip Grafis (I)

Pengaturan Dua Chip Grafis (I) 


Intel and nVidia.
Hai pengunjung setia Gembos Nge-Blog! Apa kabarnya? Semoga dalam keadaan sehat ya. Baik. Tulisan kali ini Kami buat untuk Kalian yang ingin mendapatkan pengaturan lengkap grafis baik pada laptop maupun PC Desktop. Selain itu. Kami juga akan membahas sedikit tentang GPU alias Graphics Processing Unit itu sendiri.

Mengapa judul tulisannya 'Dua Chip Grafis' bukan 'Dual Graphics'? Sebenarnya. Dual Graphics lebih mengarah kepada skema penggabungan kekuatan dua chip grafis menjadi satu kekuatan baru. Benar sekali. Skema tersebut milik AMD yang menggabungkan chip grafis yang terintegerasi APU dengan grafis diskrit milik AMD, tentunya seri Radeon. Dahulu skema tersebut dikenal dengan sebutan 'Hybrid Graphics'.  Hybrid Graphics berbeda lho dengan CrossFireX.

Bila CrossFireX adalah menggabungkan dua kekuatan GPU Card (dedicated) dengan bantuan Bridge CrossFireX sedangkan Hybrid Graphics adalah menggabungkan dua kekuatan GPU menjadi satu yaitu GPU yang ada di Northbridge dengan sebuah GPU Card (dedicated) PCIEx16 melalui BIOS. Kini istilah 'Hybrid Graphics' telah digantikan dengan 'Dual Graphics'. Dual Graphics tetap memberikan persyaratan khas ala Hybrid Graphics yaitu jangan salah dalam menentukkan sebuah GPU Card (dedicated) untuk diduetkan dengan graphics integrated bila ingin menikmati Dual Graphics.

Saya masih ingat. Komputer meja APU pertama Saya yang berbasis Llano. Ketika itu. Saya membangun sebuah komputer meja dengan APU Llano A8 3850 (6550D) untuk diduetkan dengan GPU Card Saya, Sapphire HD 6670 dan akhirnya Dual Graphics pun bisa Saya rasakan.  

Baik. Dual Graphics kini tak hanya bisa dirasakan pada sistem komputer meja atau desktop saja. Racikan Dual Graphics atau Dua Chip Grafis juga dapat ditemui pada sistem komputer jinjing atau laptop. Vendor - vendor laptop ramai - ramai menyajikan beragam seri laptop dengan komposisi Dua Chip Grafis yakni diantaranya; Intel HD + NVidia GeForce, Intel HD + AMD Radeon dan AMD + Radeon. Komposisi laptop seperti itu memiliki daya tarik tersendiri terlebih bagi mereka yang berangan - angan akan memakai laptop tersebut untuk bermain game. Tapi kembali Kami sampaikan, bermain game tidak hanya membutuhkan sebuah GPU yang tangguh namun juga membutuhkan CPU yang cepat.

Kami tunjukan beberapa gambar hasil tangkapan layar salah satu laptop Kami yang dibekali dengan Dua Chip Grafis (Intel HD + NVidia), yakni ACER Aspire E1 - 471G - ZQT dengan SNID 30502373876. O iya. Bagi siapa saja yang sedang mencari driver untuk laptop tersebut, berikut linknya. 

Bisa Kita lihat bersama. Laptop ACER tersebut berotakkan, Intel i3-2348M.

Intel i3-2348M. Bisa Kami katakan, CPU tersebut tidak cocok bila disandingkan dengan GPU diskrit GeForce 710M. Kamu yang bisa mengelompokkan jajaran GPU, pastinya sepakat bila GPU GeForce 710M memiliki performa jauh diatas GPU GeForce 610M dan keduanya berada dikasta yang berbeda. 

Jika dilihat lagi, spesifikasi GeForce 710M unggul dalam jumlah unit ROPs dan TMUs yang berdampak pada angka Pixel Fillrate dan Texture Fillrate lebih besar bila dibandingkan dengan GeForce 610M. Shaders atau core grafis atau CUDA, menurut NVidia, pada GeForce 710M juga jauh lebih banyak bila dibandingkan dengan GeForce 610M. Ngomong - ngomong. Sudah ada yang tahu cara menghitung kemampuan GPU?   

Sebelum Kami ajak berhitung. Kami jelaskan sedikit mengenai fungsi dari ROPs dan TMUs. Apa sih fungsi dari unit ROPs dan TMUs? Unit ROPs atau Render Output Pipelines adalah unit yang mengendalikan resolusi dan antialiasing beserta macamnya. Anti-Aliasing memiliki beberapa macam, diantaranya; Supersampling atau Full-Scene Anti-Aliasing (FSAA), Multi-Sampling Anti-Aliasing (MSAA), Coverage-Sample Anti-Aliasing (CSAA) dan Custom-Filter Anti-Aliasing (CFAA). Sementara TMUs atau Texture Mapping Units adalah, ya bisa dikatakan, ialah yang mengendalikan Anisotropic Filltering, biasanya dalam satuan X atau Kali seperti 2x, 4x dst. Baik. Dibawah ini adalah rumusnya.

Pixel Fillrate = ROPs Unit x Clock Core GPU
Texture Fillrate = TMUs Unit x Clock Core GPU

Sementara cara menghitung bandwidth, Bus Width x Double Data Rate Memory Clock / 8 

Sebagai contoh mari hitung GeForce 710M yang memiliki masing - masing ROPs dan TMUs sebanyak 8 dan 16 unit serta bus width seluas 64bit sedang Clock Core GPU dan Memory Clocknya (Double Data Rate) masing - masing 775MHz dan 900MHz (1800MHz).
Pixel Fillrate -> 8 x 775 = 6200MPixel/s : 1000 = 6.2GPixel/s
Texture Fillrate -> 16 x 775 = 12400MPixel/s : 1000 = 12.4GTexel/s
Bandwidth -> 64 x 1800 / 8 = 14400MB/s : 1000 = 14.4GB/s

Sekarang Kami ajak Kalian untuk melihat spesifikasi laptop LENOVO ThinkPad Edge E3354-C7A. Siapa saja yang membutuhkan driver untuk laptop tersebut, berikut linknya. 

Bisa Kami katakan. Ada kesalahan pembacaan GPU-Z pada GeForce 610M. Pihak nVidia sendiri selaku si empunya GeForce 610M telah menyatakan jika Texture Fillrate yang dihasilkan GeForce 610M adalah sebanyak 7.2GTexel/s maka TMUs unit yang dimiliki GeForce 610M seharusnya berjumlah 9 unit karena Clock Core GPU GeForce 610M sebesar 800MHz. Sedangkan ROPs unit yang terbaca oleh GPU-Z jumlahnya pun salah.

Laptop LENOVO tersebut berotakkan i5-3230M.

Baik. Sekarang Kita masuk ke pengaturannya. Ada perbedaan yang siknifikan antara dedicated GPU pada laptop dan PC Desktop. Pada laptop. GPU dedicated GeForce memiliki teknologi Optimus yang artinya GPU GeForce akan aktif hanya bila diperlukan dan sebaliknya tidak akan digunakan bila dirasa sudah cukup hanya dengan menggunakan GPU integrated. Siapa yang mengatur? BIOS atau Driver dan atau Keduanya. Ingat! GPU integerated menjadi prosesor grafis primer pada sistem laptop.

Sedang mengalami seperti gambar diatas dan GPU dedicated tidak terbaca oleh pengaturan permainan PES? Tenang. Intel HD Graphics 4000 masih sanggup menjalankan permainan tersebut dengan pengaturan low 720P. Pengaturan lengkapnya baca disini. (Gambar diambil di forum pesedit). Ingin grafis dedicated yang menangani setiap game.

Buka NVIDIA Control Panel. Bila PES atau program lainnya tidak ada dalam daftar, tambahkan secara mandiri. Caranya. Klik Add -> Browse... lalu arahkan ke direktori program yang akan ditambahkan. Selanjutnya. Pada opsi '2. Select the preferred graphics processor for this program:' beri 'Use global setting (auto-select: NVIDIA GPU)' atau tetapkan pada 'High-performance NVIDIA processor' dan biarkan 'Preferred graphics processor: Auto-select' pada opsi 'Global Settings'.

Beralih ke opsi 'Set PhysX Configuration', biarkan pada 'Auto-select (recommended)' atau bisa Kalian tetapkan pada GPU NVidia dedicated yang digunakan. 

Demikian pengaturan lengkap Dua Chip Grafis. Apakah pengaturan diatas bisa diterapkan pada program maupun game - game lainnya? Bisa dong. Coba saja sendiri. Baik. Sampai disini dulu ya tulisannya. Di lain kesempatan. Kami akan berikan tulisan mengenai pengaturan komposisi dua chip grafis lainnya.

Selebihnya mengenai kalkulasi GPU :