Menjumpai Foobar2000 di Android

Menjumpai Foobar2000 di Android 


Foobar2000.
 Semakin terkenalnya Android dan semakin banyaknya produsen ponsel yang mengadopsi Android, ini membuat banyak pengembang piranti perangkat lunak bekerja untuk menyesuaikan piranti perangkat lunaknya agar bisa berlari di sistem operasi Android. Terlebih ditambah dengan proyek Google dengan produsen ponsel lokal yang bertajuk Android One. Bak jamur di musim hujan, proyek tersebut membuat makin banyaknya bermunculan produsen-produsen ponsel lokal yang ikut meramaikan pasar ponsel pintar namun dengan harga yang bersahabat dan jika para pengembang piranti lunak tidak melakukan penyesuaian, bukan tidak mungkin pamor piranti perangkat lunak mereka akan memudar. 

 Bicara mengenai Android One. Android One adalah proyek Google yang bekerja sama dengan sejumlah produsen ponsel lokal untuk menciptakan ponsel pintar Android terjangkau tapi mempunyai aksesibilitas yang mumpuni. Indonesia, India dan Turki adalah sejumlah negara yang telah sepakat dengan proyek Google tersebut. Di Indonesia sendiri ponsel ber-Android One sudah diluncurkan, tercatat ada tiga merek pendukung yakni Nexian, Evercoss dan Mito (sumber : CNN Indonesia). 

 Kembali ke topik. Kemampuan Foobar2000 sudah tidak dipungkiri lagi. Oleh karenanya Saya menyematkan Foobar2000 kedalam daftar 3 Aplikasi Audio Player Direkomendasikan Selain Winamp. Saya dan kawan Saya juga telah memberikan langkah-langkah pengaturan lebih lanjut Foobar2000 dalam tulisan, Hi-Res Audio on Foobar2000 (I) dan (II) dan tepat di Hari Selasa, 10 Mei 2016 lalu. Tim pengembang akhirnya merilis Foobar2000 mobile untuk iOS, Android dan Windows 10. Dikarenakan masih berstatus preview. Ada beberapa bagian dari Foobar2000 yang kurang optimal salah satunya desain antar-muka yang sedikit kaku.

 Foobar2000 cukup mudah dicari. Kamu hanya perlu menuliskan Foobar2000 dalam kotak pencarian pada aplikasi Play Store dan seketika hasil pencarianpun muncul dan berikut adalah penampakan dari Foobar2000.

Inilah tampilan awal Foobar2000 saat pertama kali Kamu menjalankannya.

Sentuh ikon yang Saya tandai dengan lingkaran merah.

Ini adalah tampilan pengaturan Foobar2000, cukup lengkap tapi tidak selengkap Foobar2000 versi Windows reguler.

Saya memasang Foobar2000 pada Lenovo A7000 Plus Saya.

Pengaturan DSP-nya cukup luwes namun sangat disayangkan pengguna belum diberi opsi penambahan komponen, seperti pada versi Windows regulernya.

Tak banyak yang bisa diperbuat pada Pengaturan - Advanced, seperti yang bisa dilihat.

Berikut adalah tampilan kendali penutarannya. Seperti yang sudah Saya katakan, sedikit kaku. Foobar2000 mobile juga menyematkan fitur decoding speed test.

Sentuh ikon yang Saya beri tanda kotak kuning.

Selanjutnya akan muncul jendela seperti diatas lalu sentuh 'Decoding speed test'. 

Sebelum memulai tes nya. Kamu bisa memberi centang semua opsi dan untuk pilihan CPU cores detectednya sesuaikan dengan jumlah threadsnya. Misal core CPU mu adalah 4cores, maka Kamu isikan 8threads. Selanjutnya sentuh 'START' untuk memulai tesnya.

Tunggu hingga proses decoding speed tesnya selesai.

Berikut adalah tampilan hasil tes decoding speed Lenovo A7000 Plus.

 Sampai disini dulu ya tulisannya. Terima kasih atas kunjungannya. Jangan ragu berkomentar, beri Saya plus dan berlanggananlah entri atom Kami gratis!