Menggunakan RAM Disk (II)

Menggunakan RAM Disk (II) 


Postingan kali ini merupakan lanjutan dari postingan Menggunakan RAM Disk (I). Maksudnya adalah lebih kepada pemanfaatan dari RAM Disk itu sendiri. Iya. RAM Disk adalah sebuah ruang penyimpanan yang diambil dari RAM dan diperuntukkan layaknya cakram biasa. 

RAM Disk (Gambar diambil dari : hautespot.net)

Untuk menciptakan sebuah ruang penyimpanan dari RAM, Kalian membutuhkan sebuah piranti lunak pembuat RAM Disk. Kami telah memberikan daftar piranti lunak RAM Disk terbaik disini dan disini Kami berikan petunjuk pemasangan salah satu dari piranti lunak RAM Disk tersebut.


2. Menyalakan 'ReadyBoost' dan Memindahkan 'Scratch Disks' Photoshop.

Kami menggunakan Windows 7 Professional SP1 64bit dan Photoshop CS6.

- ReadyBoost

Klik Kanan -> Properties pada partisi RAMDisk yang telah Kalian buat.

Maka akan muncul jendela Properties, kemudian beralih ke tab 'ReadyBoost'. Dikarenakan Kami hanya membuat RAM Disk sebesar 1GB saja, maka Kami menandai pilihan 'Use this Device' agar Kami bisa dengan leluasa menentukan besaran kapasitas (MB) untuk ReadyBoost. Jika Kalian ingin menggunakan seluruh kapasitas RAM Disk, beri tanda pada 'Dedicate this Device to ReadyBoost'. Selanjutnya klik Apply lalu Ok untuk menutup jendela tersebut. Terakhir nyalakan ulang Windowsnya untuk menerapkan perubahan.

- Scratch Disks Photoshop

Buka Photoshopnya. Lalu menuju ke opsi, Edit -> Preferences -> Performance.

Maka selanjutnya akan muncul jendela Preferences opsi Performance. Cari opsi 'Scratch Disks' lalu hilangkan centang pada C:\ dan kemudian beri centang pada drive letter RAM Disk, dalam contoh kali ini adalah Y:\. Kemudian klik Ok lalu tutup dan jalankan ulang Photoshopnya.

Sekian dulu ya tutorial dan tipsnya. Terimakasih telah berkunjung dan menyempatkan berkomentar serta memberi + 'plus' pada +GembosSapoetra dan +Riovaldy P. J. S. Sampai bertemu lagi dipostingan menarik berikutnya.