Membuat HomeGroup di Windows 7

Membuat HomeGroup di Windows 7 


 Berbagi dokumen, foto, lagu, video dan printer dengan anggota keluarga yang berada dalam satu rumah merupakan salah satu rutinitas yang Kami lakukan. Dalam berbagi file - file tersebut cobalah untuk mulai menggunakan media jaringan dibanding dengan media penyimpanan portable seperti USB FDD atau juga HDD External. 

HomeGroup. (Gambar diambil dari lifehacker.com)

 Menurut Kami. Berbagi file melalui jaringan terbilang lebih mudah dibanding menggunakan media penyimpanan portable. Di Windows, terutama Windows 7, Microsoft memperkenalkan sebuah fitur jaringan yang baru yaitu HomeGroup untuk berbagi file serta printer. Bagusnya. HomeGroup dilindungi oleh password jadi hanya pengguna yang mengetahui passwordnya yang dapat bergabung, selain itu Kamu juga dapat membatasi pengguna lain agar tidak dapat merubah file-filemu kecuali memberikannya izin.

 Kita tidak akan pernah bisa membuat HomeGroup di Windows XP dan Windows Vista dikarenakan fitur HomeGroup memang tidak tersedia pada kedua Windows tersebut tapi bukan berarti kedua Windows tersebut tidak bisa bergabung pada HomeGroup yang ada di Windows 7.

Sebelum melakukan setup HomeGroup, pastikan Network locationnya adalah Home Network dan IPvP6 dalam keadaan aktif. Selanjutnya klik ikon Start Windows lalu ketikkan Home pada search bar lalu klik HomeGroup. Setelah itu klik Create a HomeGroup.

Lalu pilih folder apa saja yang ingin dibagi. Folder - folder tersebut yang terdapat pada 'Libraries'. Jika sudah selesai menentukan, selanjutnya klik Next.

Selanjutnya muncul jendela password. Ingat password yang tertera atau bisa juga memilih untuk mencetaknya, lalu klik Finish.

Jika dirasa password HomeGroup yang diberikan cukup sulit diingat, Kalian bisa merubahnya. Caranya, klik ikon Start Windows lalu ketikkan Home pada search bar lalu klik HomeGroup kemudian klik 'Change the password...'.

Lalu akan muncul jendela seperti berikut, lalu klik Change the password.

Selanjutnya ketikkan password barunya. Dalam contoh, Kami merubah password HomeGroup Kami dengan 'enakengopi' lalu klik Next.

Terakhir klik Finish untuk menutup jendela pengaturan HomeGroup.

 Sekian postingan Kami kali ini. Dipostingan selanjutnya Kami akan berikan cara membangun HomeGroup di Windows 7 dengan Windows XP/Vista, Linux Mint/Ubuntu dan juga OS X. Selamat mencoba dan selalu hargai setiap karya. Selamat beraktifitas dan jangan lupa ngopi! Heheuheu :D .