Menggunakan RAM Disk (I)

Menggunakan RAM Disk (I) 


 Beberapa hari yang lalu. Kami telah menyajikan cara pemasangan, pengaturan dan juga memberikan beberapa tipsnya saat bermain - main dengan salah satu piranti perangkat lunak bebas berbayar RAM Disk di postingan Membuat RAM Disk.

RAM Disk.

 Setalah berhasil membuat sebuah partisi RAM Disk. Di postingan kali ini. Kami akan memberikan cara memanfaatkannya. Banyak yang bisa dilakukan oleh RAM Disk tapi tetap untuk satu tujuan, yaitu meningkatkan responsifitas sebuah sistem komputer.

 Berikut yang bisa Kita lakukan dengan sebuah partisi RAM Disk, diantaranya:

 1. Memindahkan 'TEMP' dan 'Page File' sistem.


 Sistem disini yang Kami maksud adalah sistem operasi (OS) Windows 7 x64 (64bit) SP1 yang Kami gunakan dalam komputer jinjing Kami. Kami asumsikan yang mengikuti tutorial ini sudah menyiapkan sebuah partisi RAM Disk. Bagi yang belum punya partisi RAM Disk, Kami sarankan untuk membaca ini terlebih dulu kemudian ikuti tutorialnya disini

Untuk memindahkan 'TEMP'. Klik ikon start Windows. Ketikkan Advanced, lalu klik 'View advanced system settings'.

Selanjutnya klik 'Environment Variables'.

Sebelumnya Kami telah membuat folder di partisi RAM Disk (Y:\) yang diberi nama 'TEMP'. Pada User variables dan System variables arahkan TEMP dan TMP ke folder TEMP yang ada didalam partisi RAM Disk. Selanjutnya klik OK -> Apply -> OK sekali lagi, lalu restart sistemnya.

Masih di System Properties. Klik 'Settings' yang ada didalam opsi 'Performance'.

Selanjutnya akan tampil jendela 'Performance Options' lalu klik 'Change'.

Hilangkan centang pada 'Automatically mange paging file ...' lalu tick 'Custom size:' dan isikan Initial dan Maximum sizenya (MB). Karena Kami membuat RAM Disk hanya sebesar 1024, maka Kami memberi 512 pada Initial dan Maximum sizenya. Jika sudah, klik 'Set' lalu ikuti instruksi yang diberikan. Jangan lupa 'Apply' dan klik 'OK'. Terakhir, restart system untuk menerapkan perubahan.

 Tutorialnya itu dulu ya. Besok. Jika masih ada umur. Kami berikan tutorial lanjutannya dalam memanfaatkan RAM Disk. Terimakasih telah berkunjung. Selamat beraktifitas dan tetap semangat.