Membuat RAM Disk

Membuat RAM Disk 


 Postingan kali ini merupakan lanjutan dari postingan kemarin, yakni : 5 Software RAM Disk Terbaik, yang Kami beri judul Membuat RAM Disk. Iya. Kami akan sajikan cara pemasangan, pengaturannya dan memberikan tips serta tricksnya dalam bermain RAM Disk.

RAM Disk.
 Kami menggunakan salah satu software RAM Disk yang ada pada postingan sebelumnya, SoftPerfect RAM Disk. Mengapa SoftPerfect RAM Disk? karena di beberapa forum dan situs baik dalam dan luar negeri menyatakan bila SoftPerfet RAM Disk mampu meningkatkan kecepatan komputer yang cukup menggembirakan.

 SoftPerfect RAM Disk adalah software RAM Disk yang unik. Kalian bisa mendapatkannya secara gratis. Tapi bila Kalian merasa sangat terbantu dengannya, Kalian bisa memberikan donasi kepada si empunya software. Bila Kalian menganggap software tersebut sangat bermanfaat, Kalian bisa membeli lisensinya. Lisensi untuk sebuah komputer hanya $49 USD. Masih cukup terjangkau.

 Penasaran dengan kemampuan SoftPerfect RAM Disk. Berikut tutorial lengkapnya :

 1. Unduh terlebih dulu SoftPerfect RAM Disknya disini
 2. Jika berhasil di unduh, segera klik 2x file (.exe)nya untuk memulai proses pemasangan. Jika dikomputer terdapat software CCleaner. Kalian akan diberi notifikasi. Abaikan saja dengan mengklik 'OK'.

3. Selanjutnya klik 'OK' lagi.

4. Tandai 'I accept the agreement'' lalu Next -> Next -> Next -> Install. Tunggu proses pemasangan hingga selesai. 

5. Selanjutnya klik 'Install' sekali lagi dan tunggu hingga selesai.

6. Beri centang pada 'Launch SoftPerfect RAM Disk' lalu klik 'Finish'.

7. Kini saatnya membuat RAM Disk. Klik 'Image -> Create Image'.

8. Beri nama untuk image file dan tentukan lokasi image filenya serta atur size (MB) sesuai screenshoot lalu biarkan 'Image Type' pada Volume dan 'File System' NTFS kemudian klik 'OK'. Setelah itu akan diberi notifikasi pembuatan image file berhasil, lalu 'OK' sekali lagi.

9. Beralih ke 'Disk -> Add Boot Disk'.

10. Pada 'Image File Name (Optional)'. Arahkan ke image file yang tadi sudah Kalian buat. Pada 'Drive Letter', Kalian bisa tentukan sesuai selera serta tidak sedang digunakan oleh drive lain. Selanjutnya klik 'Advanced'.

11. Beri centang pada 'Save content ..., min' dan beri nilainya sesuai selera. Jika sudah, lanjut dengan klik 'OK'.

12. Sekali lagi klik 'OK' untuk mengakhiri.

13. Ta... Da... Kalian telah berhasil membuat sebuah RAM Disk. Selamat!

 'Apa yang bisa dimanfaatkan dari sebuah RAM Disk?', pertanyaan yang bagus, Kami suka. Kami akan beri jawabannya dipostingan selanjutnya jadi tetap setia ya bersama Kami. Oh iya. Di postingan ini, Kami menggunakan sebuah komputer laptop dengan RAM sebesar 8GB. Untuk RAM sebesar itu, Kami menyarankan besaran maksimal RAM Disk yang dibuat sebesar 4GB saja.

 Sekian postingan Kami kali ini. Jangan ragu untuk meninggalkan jejak serta jangan lupa bookmark blog Kami. Sampai bertemu di postingan Kami selanjutnya. Selamat berakhir pekan dan selamat liburan. Yeeeey~! ありがと〜♪~♪ d(⌒o⌒)b♪~♪やった〜!