5 Software RAM Disk Terbaik

5 Software RAM Disk Terbaik 


 Selamat Pagi! Kita berjumpa lagi. Semoga tidak bosan ya, hehe. Ada dari sahabat Gembos Nge-Blog yang sudah mengetahui apa itu RAM Disk? Bagi yang belum mengetahui pasti bertanya - tanya, 'apa sih RAM Disk itu?' Iya. RAM Disk adalah sebuah teknologi dan bukanlah sebuah piranti perangkat keras komputer PC/Laptop.

RAM Disk.

 Lebih tepatnya. RAM Disk adalah sebuah teknologi di mana Anda menggunakan memori komputer Anda atau RAM, dan membuatnya menjadi sebuah hard disk drive virtual. Sebagian dari orang - orang melakukan itu karena mengetahui jikalau RAM memiliki kecepatan jauh lebih cepat.

 Benar saja. RAM memiliki kecepatan jauh lebih cepat dari media penyimpanan apapun, termasuk Solid State Disk Drive atau yang disingkat SSD, sekalipun SSD adalah sebuah perangkat keras yang didalamnya tersusun juga dari komponen penyusun RAM. Penggunaan teknologi RAM Disk sering disebut sebagai solusi murah untuk meningkatkan kecepatan sebuah komputer PC/Laptop.

 Generasi sekarang RAM adalah DDR4 tapi hanya sebagian kecil RAM DDR4 dipergunakan di sistem komputer PC dan sejauh ini, hampir keseluruhan sistem komputer laptop masih mengadopsi generasi RAM sebelumnya yaitu DDR3. Bagusnya. Generasi RAM DDR3 cukup terjangkau saat ini dan sebagian besar komputer moderen memiliki setidaknya 4GB memori yang sangat jarang akan sepenuhnya termanfaatkan.

Pada postingan kali ini. Kami berikan daftar software yang bisa memanfaatkan sejumlah ruang pada memori RAM untuk meningkatkan kecepatan sistem komputer PC/Laptop Kalian, diantaranya :

 1. PassMark OSFMount


 PassMark OSFMount telah mencapai versi 1.5.1015 dan tersedia gratis untuk sistem 32bit (x86) dan 64bit (x64). Unduh disini dan sesuaikan dengan sistem yang sedang Kalian gunakan, 32bit atau 64bit.

2. ImDisk


 ImDisk telah mencapai versi 2.0.9, bisa dipakai di sistem 32bit dan 64bit dan juga bersifat gratis. Kalian bisa mengunduhnya disini.

 3. Dataram RAMDisk


 RAMDisk telah mencapai versi 4.4.0 rc34. RAMDisk memiliki beberapa seri produk yang beberapa diantaranya tidak gratis, seperti : RAMDisk Extreme dan RAMDisk Pro. Masing - masing kedua seri terbut dihargai $19.99 USD dan $14.99 USD. Tapi Kalian masih bisa menikmati versi gratisnya namun dengan batasan hanya diperbolehkan membuat virtual hard disk drive sebesar 1GB saja. Kalian bisa mengunduh versi gratisnya disini.

 4. BondDisc


 Software BondDisc sangat ringan. Installernya pun sangat kecil dan BondDisc mudah di operasikan. Mendukung sistem 32bit dan 64bit mulai dari Windows Vista hingga yang paling anyar. Kalian bisa mengunduhnya disini.

 5. SoftPerfect RAM Disk


 Sama dengan ke empat software RAM Disk sebelumnya, SoftPerfect RAM Disk, mendukung sistem 32bit dan 64bit. Selengkapnya tentang SoftPerfect RAM Disk, silahkan berkunjung kesini.

 Demikian yang bisa Kami berikan. Di postingan berikutnya Kami akan sajikan cara pemasangan hingga mempercepat komputer PC/Laptop dengan salah satu dari ke lima software RAM Disk diatas. Selamat beraktifitas dan selamat berakhir pekan.