Membuat USB Boot Hiren's (I)

Membuat USB Boot Hiren's (I) 


 Selamat pagi ! Jumpa lagi dengan Kami. Semoga tidak bosan ya. Bagaimana kabar kalian ? Kami harap baik - baik saja. Postingan kali ini Kami buat berawal dari permasalahan Kami yaitu, Kami tidak bisa login ke Windows.

Hiren's Boot.
 Tentunya sangat menjengkelkan kejadian tersebut. Karena tidak ingin dipusingkan lagi, sebagian dari Kita mungkin akan mengambil langkah untuk memasang ulang sistem operasi Windowsnya. Tapi memasang ulang Windows juga masih memerlukan waktu. Belum lagi data - data yang ada di partisi sitem akan ikut hilang bila Kita memasang ulang operating sistem Windowsnya.  

 Lalu bagaimana ? Kami beri tahu. Sebelum Kalian memutuskan untuk memasang ulang Windowsnya, Kalian bisa melakukan recovery pada password loginnya. Mungkin di artikel berikutnya Kami akan memberikan langkah - langkah recovery password login Windows.

 Untuk kali ini. Kami sajikan cara - cara mempersiapkan alat untuk merecovery password login windowsnya. Kalian membutuhkan Hiren's Boot untuk melakukan itu. Apa itu Hiren's ? Hiren's adalah sebuah file (.iso) dimana didalamnya berisi bermacam aplikasi dari untuk keperluan memeriksa sistem, memeriksa kondisi harddisk, registry cleaner hingga antivirus.

 Sesuai dengan namanya, Hiren's Boot, ia harus dijalankan pertama kali sebelum sistem mengambil sistem operasi yang ada didalam harddisk. Oleh sebab itu. Hiren's Boot biasanya dibuat dalam bentuk kepingan CD/DVD untuk dijalankan pertama kali melalui CD/DVD drive. Bagi komputer jinjing maupun komputer mejanya tidak dibekali CD/DVD drive, Kalian harus membuat Hiren's Boot kedalam bentuk USB drive, caranya ? Berikut caranya :

 1. Unduh terlebih dulu 7z kemudian pasang. 
 2. Unduh Hiren's Bootnya kemudian ekstrak menggunakan 7z.
 3. Terakhir, unduh aplikasi Rufus lalu jalankan dengan cara klik kanan > run as administrator.

4. Pengaturan Rufus sesuaikan ya dengan tangkapan layar kemudian gulir dan pilih ISO Image.

5. Kemudian arahkan ke file ISO Hiren'snya.

6. Kemudian klik 'Start'.

7. Kemudian akan diberi peringatan. Klik 'OK' untuk melanjutkan.

8. Tunggu hingga selasai. Sebenarnya besaran file Hiren's Boot tak lebih dari 700MB. Sebuah USB drive sebesarr 1GB sudah cukup untuk dijadikan media boot Hiren's. Jika sudah selesai, coba jalankan Hiren's Boot. Atur pada BIOS untuk boot awal dari USB drive. 

Berikut tampilan Hiren's Boot. Iya. Hiren's Boot menggunakan lingkungan desktop Windows XP. Jadi bisa dipastikan pengoperasian Hiren's Boot tidak begitu sulit.

Alat - alatnya sangat lengkap. Ada antivirus ada juga fitur optimizers. 

Ada juga kumpulan alat untuk keperluan memperbaiki MBR. Sangat lengkap.

 Sekian yang bisa Kami berikan. Terimakasih telah berkunjung. Jangan lupa tinggalkan jejak dan selalu hargai setiap karya oranglain. Tutorial serupa membuat USB Boot Hiren's ada disini. Sampai jumpa dipostingan menarik Kami lainnya.