Codec Pack and Video Player Recommended for Movie HD on Windows [II]

Codec Pack and Video Player Recommended for Movie HD on Windows [II] 


Windows Media Player 13.
 Beberapa waktu yang lalu, dipostingan sebelumnya, Kami pernah membahas Codec Pack and Video Player Recommended for Movie HD on Windows [I].

 Semakin canggihnya teknologi, Kita bisa menonton film kesukaan dirumah menggunakan sebuah laptop atau PC yang kemudian disambungkan ke sebuah TV LED beresolusi Full HD hingga UHD, serta tidak ketinggalan menyambungkan speaker pengaturan 5.1 atau 7.1 kanal untuk menghasilkan suara yang lebih mendramatisir.

 Bagi sebagian orang menonton film sudah menjadi kebutuhan yang harus terpenuhi hingga menjadi agenda yang wajib dilakukan saat masa liburan tiba. Namun sayangnya. Sebagian dari Kita menggunakan system operasi Windows di laptop atau PC dan belum terbiasa dengan system operasi sumber terbuka, layaknya LinuxMint

 Pasalnya. Jika Kamu menggunakan LinuxMint, Kamu akan mendapatkan pengalaman menonton film yang luar biasa, yang tidak bisa Kamu dapatkan saat sedang menonton film dengan Windows. Di Windows Kita mengenal Windows Media Player sebagai multimedia engine dengan fungsi dasar yang dapat memainkan beragam konten digital milikmu dari audio hingga video beresolusi tinggi.

 Karena Windows Media Player hanya memiliki fungsi dasar mutimedia engine, tak heran sebagian dari penggila film mencari mutimedia engine yang lebih bertenaga. Di postingan yang lalu, Kami menyarankan sebuah aplikasi, yaitu SMPlayer. Menyajikan cara pemasangannya hingga memberikan settingan lengkapnya dan kali ini, Kami akan menyarankan, bukan aplikasi melainkan codec pack.

 Tentunya ada yang bertanya-tanya, apa itu codec pack?. Baik. Kita jelaskan sedikit. Bila SMPlayer disebut dengan aplikasi itu dikarenakan ia hanya dipersanjatai dengan internal codec a.k.a built-in codec. Sementara codec pack ialah sebuah paket yang didalamnya terdapat aplikasi inti sebagai media player lengkap dengan internal codec ditambah dengan beberapa external codec seperti : ffdshow, LAVfilters dan AviSynth.

 Codec pack tersebut tak lain dan tak bukan adalah K Lite Codec Pack.

K Lite Codec Pack.
 Iya. K Lite Codec Pack diciptakan untuk platform Windows 32bit dan 64bit dari Windows XP hingga yang teranyar, Windows 10. K Lite Codec Pack tersedia dalam 4 versi, Basic (K Lite Codec Pack Basic), Standard (K Lite Codec Pack Standard), Full (K Lite Codec Pack Full) dan Mega (K Lite Codec Pack Mega).

 Perbedaan keempatnya terletak pada format yang didukung. Jadi K Lite Codec Pack Mega merupakan versi K Lite Codec Pack terlengkap yang memberikan dukungan terhadap semua format file multimedia dan juga menambahkan codec untuk keperluan video encoding/editing namun harus diimbangi dengan spesifikasi laptop atau PC yang mumpuni.

 Berbeda dengan versi Mega. Versi Basic dan Versi Stadard merupakan versi yang tidak memberikan dukungan terhadap semua format file multimedia namun keduanya sangat ramah dengan laptop atau PC yang memiliki spesifikasi tidak terlalu tinggi.

 Sekian postingan untuk hari ini. Besok akan dilanjutkan dengan postingan-postingan menarik lainnya. Terimakasih telah mampir dan sebagai pembaca yang bijak, tolong tinggalkan jejak.