ROOT LENOVO A316i

ROOT LENOVO A316i 


 Beberapa waktu yang lalu. Kami telah mempublikasikan penampakan dari LENOVO A316i dan di postingan kali ini, kami memberikan serta menyajikan bagaimana cara dan apa saja yang diperlukan untuk melakukan ROOTING pada LENOVO A316i.


 Sebelum kita masuk ke topik cara melakukan ROOTING. Kita mengingatkan kembali spesifikasi dari LENOVO A316i. 

 LENOVO A316i hadir dengan bersistem operasikan Android 4.2.2 (JB a.k.a Jelly Bean). Mengusung chipset Mediatek MT6572 dengan CPU Dual-Cores ARM Cortes-A7 1.3GHz dan RAM sebesar 512MB, cukup untuk kebutuhan sosial media kami kala itu serta muti-tasking ringan. Tak lupa Mediatek MT6572 membenamkan ARM MALI-400MP sebagai graphics processing unit-nya, cukup untuk menjalankan game ringan beberapa diantaranya Angry Birds RIO dan Fruit Ninja.

 Jika diperhatikan lebih seksama. Spesifikasi LENOVO A316i serupa denga Evercoss A10Q. Serupa tapi tak sama, jadi perbedaan tetap ada. Perbedaannya terletak pada kecepatan CPU, besaran RAM dan Memory Internal.

 LENOVO A316i dan Evercoss A10Q sama-sama berchipsetkan Mediatek MT6572. Bila kecepatan CPU yang ada pada LENOVO A316i mencapai 1.3GHz lain halnya dengan Evercoss A10Q yang hanya dipatok 1GHz. Kemudian RAM dan Memory Internal yang ada pada LENOVO A316i masing-masing sebesar 512MB dan 4GB sementara pada Evercoss A10Q hanya 256MB untuk RAM serta 512MB untuk internal. Tapi kabar gembiranya. Baik LENOVO A316i maupun Evercoss A10Q telah mendukung partisi ke-2 SD Card a.k.a sdext2. Yeeeey, ini berguna untuk memindahkan seluruh aplikasi yang terpasang di Internal ke sdext2. 

 Baik. Sekarang kita masuk ke sajian utamanya. Check this one out!

Download aplikasi Kingo ROOT melalui peramban LENOVO A316i disini. Simpan kemudian lakukan pemasangan. Sebelum itu, pastingan kamu memberi tanda centang 'Sumber tidak dikenal' pada pengaturan keamanan Android.

Setelah proses pemasangan berakhir, buka aplikasi Kingo ROOTnya. Sebelum melakukan ROOT, pastikan koneksi internet kamu lancar. Setelah kamu memastikan jika koneksi internet kamu benar-benar lancar, kemudian sentuh 'One Click Root'. Tunggu hingga 100%.

Jika proses ROOT berjalan lancar, kamu akan mendapati aplikasi SuperUser.

Jika masih bertanya-tanya, berhasil enggak ya ROOTnya?. Maka instal dan jalankan aplikasi CPU-Z. Screenshot diatas menampilkan informasi lengkap dari SoC.

Sementara screenshot yang satu ini menampilkan informasi lengkap dari DEVICE.

Screenshot diatas menampilkan informasi lengkap dari SYSTEM. Tunggu. Lihat! 'Root Access : Yes', itu artinya ROOT yang kamu lakukan dengan Kingo ROOT berhasil. Yeeey, selamat ya.

 Mudah bukan proses ROOTINGnya?. Sekarang kami akan memberikan tips dan tricknya menghapus aplikasi bawaan handheld atau biasa yang disebut bloatware pada LENOVO A316i. Ada beberapa bloatware yang menurut kami sia-sia bila mereka dijadikan sebagai aplikasi sistem seperti permainan Poker Texas, Fishing Joy, Facebook dan Messenger, Twitter, Hangouts, Skype, Youtube, Chrome Browser dan masih banyak yang lainnya.
 
  Untuk menghapus bloatware yang mengganggu gunakan aplikasi Link2SD. Seperti yang sudah kami singgung sebelumnya, LENOVO A316i dan Evercoss A10Q mendukung sdext2. Jadi dengan aplikasi Link2SD kamu bisa menikmati selain untuk melakukan mounting sdext2 juga bisa untuk menghapus aplikasi sistem. Sebagai contoh perhatikan screenshot yang kami berikan.

Buka Link2SD setelah kamu melakukan pemasangan terlebih dulu.

Karena LENOVO A316i menyematkan Chrome dan UCBrowser sebagai peramban. Kami memutuskan untuk membuang Chrome. Bagi kami, kami lebih nyaman menggunakan UCBrowser. Setuju kawan? :D

Sentuh tahan Chrome kemudian pilih opsi Hapus. Setelah itu kamu akan mendapat tampilan notifikasi 'Aplikasi sistem akan dihapus' kemudian sentuh OK.

Proses menghapus telah selesai. Sekarang sentuh OK sekali lagi untuk menutup pemberitahuaan seperti diatas. Lakukan hal serupa pada bloatware yang kamu anggap mengganggu.

 Kami telah membagikan langkah-langkah melakukan ROOTING LENOVO A316i dengan Kingo ROOT dan menginformasikan bloatware-bloatware apa saja yang pantas untuk dihapus. Sekian ulasan singkat dari kami. Semoga bermanfaat. Have a good day dan kita berjumpa di postingan berikutnya. Terimakasih あなたとおやすみありがとう^_^