Berbagi File antara Android dan Windows (III)

Berbagi File antara Android dan Windows (III) 


 Masih seputar urusan berbuat baik, yaitu berbagi-pakai file. Dua postingan sebelumnya, sudah kami beberkan bagaimana caranya serta apa yang dibutuhkan dalam berbagi-pakai file. Bukan hanya kesesama Android tapi juga ke sistem operasi lain. 


SHAREit.
 Familiar dengan logo dari sebuah aplikasi yang ada disamping?. Bagi pengguna handheld Android milik Lenovo, tentunya sudah akrab dengan logo tersebut tapi wajar bila masih banyak pengguna ponsel pintar Android yang belum mengenalnya. 

 Logo disamping merupakan logo dari aplikasi bernama SHAREit. Mengapa pengguna ponsel pintar Android besutan LENOVO lebih akrab dengan aplikasi tersebut? karena SHAREit adalah sebuah aplikasi (bloatware) yang dengan sengaja dibenamkan oleh pihak LENOVO pada setiap ponsel pintar Android milik mereka jadi kita tidak bisa dengan mudah menghapus aplikasi tersebut dan perlu diketahui juga bahwa SHAREit adalah aplikasi bikinan LENOVO sendiri, itu sebabnya SHAREit tidak pernah absen dalam setiap ponsel pintar LENOVO.
 SHAREit, SuperBeam, dan WiFi File Transfer memiliki fungsi yang sama. Ketiganya diciptakan untuk membantu kita dalam urusan berbagi-pakai file agar bisa diakses oleh berbagai macam sistem operasi dengan memanfaatkan File Transfer Protocol a.k.a FTP. 

 Namun tetap ada perbedaan diantara ketiganya. Bila menggunakan SuperBeam atau WiFi File Transfer, kamu wajib menggunakan sebuah peramban seperti Firefox atau Chrome di sistem operasi Windows yang bertindak sebagai FTP Client untuk menerima file yang dibagi-pakai. Jika menggunakan SHAREit, kamu lebih disarankan untuk juga memasang aplikasi SHAREit untuk Windows di PC/Laptop Windows yang kamu pakai.

 Lalu seperti apa SHAREit itu dan bagaimana cara berbagi-pakai file dengan SHAREit? Simak ulasan lengkapnya berikut ini. 

 NOTE: Pasang terlebih dulu aplikasi SHAREit di Android melalui PlayStore juga unduh dan pasang aplikasi SHAREit versi Windows di PC/Laptop kamu.

Buka aplikasi SHAREit di Android kamu kemudian sentuh 'Kirim'.


Pilih file yang ingin dikirim. File bisa berupa Foto, Musik, Video, Aplikasi dan bahkan dokumen-dokumen kantor.


Dalam sebuah. Kami mencoba mengirim sebuah file hasil screenshot. Jika sudah memilih file apa saja yang ingin dibagi-pakai, kemudian sentuh 'Kirim'.


Buka aplikasi SHAREit yang ada di PC/Laptop kamu kemudian klik 'Receive'.

Pada tampilan SHAREit Android. Kami melihat E-PC dimana E-PC bertindak sebagai FTP Client atau penerima file yang dibagi-pakai dengannya.

Kemudian Klik Yes untuk bersiap menerima file.


Tunggu hingga 100%. Enggak lama kok.


Jika telah selesai, klik ikon folder yang ada di pojok kanan atas untuk melihat file yang berhasil diterima.


Filenya telah diterima. Yeeey...


 Sekian review, tips dan trick serta tutorial berbagi file antara Android dengan Windows menggunakan SHAREit. Terimakasih telah mengunjungi blog kami. Selamat berhari libur.