Codec Pack and Video Player Recommended for Movie HD on Windows [I]

Codec Pack and Video Player Recommended for Movie HD on Windows [I]


 Menonton film sudah menjadi hobi sampai-sampai menjadi agenda wajib saat musim liburan tiba. Meski sekarang menonton bisa dilakukan dengan streaming tapi tak sedikit yang masih mengunduh film-film kesukaan, mengoleksinya bahkan menyiapkan media penyimpanan khusus untuk menyimpannya. 


Windows Media Player 13.
 Yang memakai Windows sebagai sistem operasi PC maupun Notebook tentu sudah akrab dengan Windows Media Player. Windows Media Player menjadi aplikasi multimedia bawaan pada sistem operasi Windows. Windows Media Player kini telah mencapai versi 13. Selain bisa memainkan berbagai macam format video, Windows Media Player juga dapat memainkan berbagai macam format audio. 

 Namun tak sedikit yang mengeluh tentang kehandalan Windows Media Player. Memang Windows Media Player tidak dibekali fitur yang melimpah terlebih untuk urusan memainkan file video. Tidak adanya pengaturan kombinasi shaders, pemilihan renderer, hardware decoding hingga resize resolution menjadi penyebab berpalingnya penggila film dari Windows Media Player ke media player yang lebih bertenaga dan bisa mengakomodir semuanya.

 Disini kami tidak membahas serta mengulas lebih dalam fitur-fitur dari media player yang kami berikan, Kami hanya memberikan daftarnya dan semuanya gratis. Mungkin dilain kesempatan kami bisa mengulas fitur-fitur dari masing-masing media player. Sekarang mari dimulai. 

 SMPlayer 


SMPlayer.
 Mungkin masih asing ditelinga nama SMPlayer bagi kalangan pengguna sistem operasi Windows. Tapi bagi pengguna sistem UNIX-Like, SMPlayer bisa dijumpai di sistem Linux dengan lingkungan desktop KDE. Kami telah akrab dengan SMPlayer pada PCLinuxOS yang kami gunakan.

 SMPlayer tidak memerlukan paket kodek pihak ketiga. Dia sudah dipersenjatai kodek-kodek yang kuat serta handal. Cukup memasang dan kamu akan dapat memainkan semua format video tanpa kerumitan untuk menemukan dan memasang paket kodek. 

 SMPlayer berlisensi gratis dan sumber-terbuka artinya Kamu bebas memakai aplikasi ini tanpa dipungut biaya sepeserpun. Tapi kamu bisa membantu pengembangnya dengan memberikan donasi atau menyebarkan aplikasi ini ke teman-teman kamu atau ke siapa saja yang mencari dan membutuhkan multimedia player handal. 

 Pada saat pemasangan SMPlayer. Kamu akan diberikan opsi pemasangan 'Multimedia Engine'. Secara default multimedia engine SMPlayer menggunakan MPlayer tapi kamu bisa menambahkan satu mesin lagi yaitu MPV. Pengaturan SMPlayer sangat lengkap. Kamu bisa memilih mode hardware decoding, renderer hingga pemanfaatan threads processor CPU/Notebook. Berbahagialah kamu yang Cores/Threads CPU/Notebooknya berlimpah.

 Sekian pembahasan singkatnya. Besok kami berikan daftar aplikasi multimedia lainnya. Selamat malam dan terimakasih telah berkunjung ke Blog kami. ^_^v