3 Aplikasi Audio Player Direkomendasikan Selain Winamp

3 Aplikasi Audio Player Direkomendasikan Selain Winamp

 
 Semua orang suka musik, tak peduli apa warna musiknya. Musik sudah menjadi bagian dari hidup. Berbagai macam cara ditempuh agar bisa menikmati musik. Saya tidak akan membahas sejarah musik tapi yang jelas musik kini dinikmati dalam bentuk digital. Beragam file audio digital beredar, dari (.aiff), (.aac), (.amr), (.ape), (.flac), (.mp4a), (.ogg), (.opus), (.tta), (.wav), (.wma), hingga yang paling populer yaitu (.mp3). 

 Jika ditanya 'apa mp3 player dikomputer kalian?', tak sedikit yang menjawab 'Winamp!' dan disertai dengan alasannya 'Winamp beginilah, begitulah, Winamp lebih anulah' dsb. Tidak dapat dipungkiri lagi kepopuleran Winamp. Selain tersedia dalam bentuk freeware, Winamp juga tersedia versi berbayarnya.

 Sesuai judul postingan diatas. Saya akan berikan 3 aplikasi mp3 player yang sangat disarankan selain Winamp, ketiga aplikasi tersebut berstatus open-source/free software alias gratis tis tis tis dan pastinya dengan segudang fitur yang benar-benar memanjakan telinga. Berikut ulasannya : 

  Sejujurnya Saya sendiri baru tahu kalau Amarok juga tersedia untuk platform Windows. Saya mengenal dan memakai Amarok di platform LinuxMint yang selama ini Saya pakai. Tidak ada perbedaan fitur baik pada platform Windows maupun LinuxMint dengan lingkungan desktop KDE. Tampilan antar muka yang intuitif bikin tidak mudah bosan saat berlama-lama didepan Amarok. Langsung aja yuk kita lihat Amarok. 
 
Berkunjung dulu kerumahnya Amarok.


Kemudian klik 'Download Amarok' lalu pilih ikon Windows.

Kemudian klik 'Direct Download' untuk memulai proses download.

Lalu klik 'Save File' untuk menyimpan file (.exe)nya di komputer Kamu.

Proses download sedang berlangsung. Jika sudah selesai, klik 2x file (.exe)nya untuk memulai pemasangan.

Jika proses pemasangan selesai, klik file Amarok umtuk menjalankannya. Cantik kan... :)


 Audacious, aplikasi musik player yang sedikit menggunakan sumber daya PC/Notebook Kamu. Kecil, Ringan, Stabil serta tanpa proses instalasi. Tampilan antar muka yang sederhana namun memiliki ikon-ikon kustomisasi yang warna-warni. Audacious juga bisa ditemukan pada Linux yang menggunakan lingkungan desktop GNome. Yuk intip Audaciousnya.

Berkunjung dulu kerumahnya Audacious.


Klik 'Download', kemudian plih untuk platform Windows (.zip).

Tunggu hingga proses download selesai. Jika sudah, ekstrak file (.zip)nya.

Jalankan Audacious.exe nya.

Berikut antar muka Audacious. Sederhana dan bersih.

  Sedikit berbeda dengan 2 aplikasi pemutar musik diatas, Foobar2000, memang untuk platform Windows. Foobar2000 sangat bandel. Dengan komponen-komponen kecil yang bisa kamu unduh secara terpisah, kamu bisa membuat Foobar2000 menjadi lebih buas. 
 
Berkunjung dulu kerumah Foobar2000.


Download file (.exe)nya.

Klik 'Save File' untuk menyimpannya.

Proses download sedang berlangsung. Jika sudah selesai, klik 2x file (.exe)nya untuk memulai pemasangan.


Jika proses pemasangan selesai, klik 2x Foobar2000 untuk menjalankannya. Putih, Bersih dan Cantik :)


 Kamu tidak perlu lagi repot-repot mencari patch atau crack untuk menikmati Winamp Pro. Dengan ketiga aplikasi pemutar musik diatas. Selain menghemat waktu juga masih bisa merasakan versi Pro-nya Winamp dengan aplikasi open-source/free software sederhana dan lebih bertenaga. Kamu yang berpengalaman juga bisa mengkustom ketiganya dengan menambahkan driver ASIO hingga melakukan re-sampler saat memainkan musik kesukaan dengan script Sound eXchange.

 Sekian dari Gembos. Terimakasih telah berkunjung dan jangan lupa tinggalkan jejak ya. Selamat menikmati musik Hi-Resolution. Selamat berakhir pekan dan selamat libur panjang. Dirgahayu RI ke.70, merdeka! :D