Berbagi File antara Android dan Windows (I)

Berbagi File antara Android dan Windows (I)


 Walau punya gadget berbasis Android tapi kalai tidak bisa "ngobrol" dengan komputer kamu yang bersistem operasi Windows, rasanya sesuatu deh. Mungkin kamu sudah mencoba untuk "mengobrol" dengan menginstall aplikasi bawaab gadget atau mencolokkan kabel USB ke komputer kamu.


 Cara yang kamu lakukan itu sudah cukup dipakai untuk mentransfer file dari gadget ke komputer atau sebaliknya. Tapi bagaimana kalau ingin gadget kamu bisa berbagipakai dengan lebih dari satu komputer? Misal, kamu memiliki koneksi WiFi dan ada beberapa komputer yang terhubung melalui WiFi tersebut. 

 Nah, kalau ingin gadget Android kalu bisa diakses oleh beberapa komputer sekaligus, kamu membutuhkan aplikasi yang bisa mengatur transfer file. Rata - rata menggunakan FTP atau File Transfer Protocol untuk melakukan pertukaran antar komputer yang berbeda sistem operasi.

  Banyak aplikasi FTP yang bisa diunduh gratis untuk gadget Android. Salah satunya adalah WiFi File Transfer. Karena gadget Android akan berfungsi sebagai FTP Server, maka komputer kamu akan berfungsi sebagai FTP Client. Browser modern seperti Mozilla Firefox atau Google Chrome dapat berfungsi sebagai FTP Client.


 


WiFi File Transfer juga tersedia versi Pro nya. Versi Pro akan menghapus batas unggah file ke gadget kamu.

Pengaturan WiFi File Transfer.

Pengaturan 'Advanced Settings' WiFi File Transfer cukup lengkap.

 Berikut tahap demi tahap untuk melakukan transfer file dengan WiFi File Transfer.

Buka aplikasi WiFi File Transfer kemudian sentuh 'Start'.

Masukkan alamat yang ditampilkan di browser komputer kamu.

Berikut tampilan setelah kamu mengetikan 'HTTP://192.168.1.100:1234' di address bar firefox. Artinya Android kamu sudah bisa diakses. Kamu bisa mengunduh file-file yang ada pada gadget kamu.

Beri centang file yang mau di unduh kemudian klik 'Download'. File-file kamu akan di unduh dalam bentuk (.zip).

Untuk mengunggah file ke gadget kamu. Klik 'Browse', cari file yang ada di komputer kamu.

Setelah menentukan file yang ingin di unggah. Klik 'Select Folder' untuk merubah destinasi unggah file. Jika sudah, klik 'Start Upload' untuk memulai proses unggah file. (*)

 Note : (*) WiFi File Transfer free version memiliki limitasi unggah file sebesar 5MB.

 Nah, itu tadi langkah-langkah berbagi file antara Android dengan Windows. Cukup sederhana bukan? Kamu bisa melakukannya dengan cepat dan mudah. Terimakasih telah berkunjung ke blog saya dan hargai setiap karya orang lain, おかげで ^_^ V Jangan lupa tinggalkan jejak :D