Cara Extreme Mengosongkan Memory Internal Android (II)

Cara Extreme Mengosongkan Memory Internal Android (II)



 Hai... :) Selamat malam! こんにちは! Apa kabar? お元気ですか? Gembos masih ingin membahas cara melegakan memory internal Android nih dan kali ini adalah cara alternative. Mengapa? karena Gembos pernah memberikan tutorial 'Cara Mengosongkan Memory Internal Android' di postingan sebelumnya. Simak yuk postingan sebelumnya:  disini dan juga disini.

 Gembos ingatkan sekali lagi HH kamu sudah dalam status root ya. Setelah di root, kamu wajib mempartisi MicroSDnya. Ini nih MicroSD yang Gembos pakai dalam setiap memberikan tutorial "Cara Mengosongkan Memory Internal Android". Meski di partisi hingga di low level format beberapa kali, MicroSD tersebut masih terjaga speed read/write-nya. Hehehehhh... Baik. Tanpa basa-basi lebih panjang lagi, langsung saja nikmati sajian tutorialnya :

  • Download dan install aplikasi Link2SD.
  • Jalankan Link2SD, saat pertama kali kita disuruh buat bikin script, pilih ext4* kemudian reboot.
  • Jalankan lagi Link2SD ikuti screenshoot yang Gembos berikan.

Uncheck 'Buat ulang berkas link lib saat boot' dan 'Link-kan berkas dex saat boot'.

Uncheck juga 'Otomatis link-kan'.
Pilih lokasi install internal.
  • Download dan install aplikasi RootExplorer**.
  • Jalankan RootExplorer, rubah ke R/W dan seterusnya ikuti lagi screenshoot yang Gembos berikan.

Masuk ke direktori (/Data), beri centang pada folder 'app' dan 'dalvik-cache'*** lalu copy.

Paste-kan ke direktori (/data/SDEXT2).

Sentuh dan tahan folder 'app' kemudian pilih 'Link to this folder'.

Lalu klik tombol kembali maka kamu akan berada di direktori (/Data) kemudian sentuh 'CREATE LINK'.

Kemudian pilih Yes. Lakukan hal serupa pada folder 'dalvik-cache'.

  • Setelah selesai, reboot untuk menerapkan yang dilakukan di atas kemudian check info penyimpanan.

Check dengan aplikasi DiskInfo. ^_^v

Note:

(*) Sesuaikan dengan file system saat kamu mempartisi MicroSDnya, misal ext2 atau ext3 tapi yang Gembos sarankan, partisi MicroSD kamu dengan file system ext4.
(**) Jika kamu menggunakan Android JellyBean atau di atasnya, install RootExplorer [3.0+]. Dalam tutorial di atas, Gembos menggunakan Android KitKat.
(***) Selain folder 'app' dan 'dalvik-cache' ada folder 'data' yang juga bisa dicentang. Tapi Gembos sarankan copy folder 'app' dan 'dalvik-cache' saja sebab dalam pengalaman, saat Gembos mengikut sertakan folder 'data' beberapa aplikasi yang ada di HH Gembos menjadi sering force-closed. Saat meng-copy folder-foldernya bisa dilakukan sekaligus tapi untuk 'Link to this folder', lakukan satu per satu folder dan lakukan juga dengan teliti.

 Harap di ingat ya! Gembos nge-Blog tidak akan bertanggung jawab atas hilangnya data baik saat mempartisi MicroSD atau saat menerapkan trick diatas atau atas rusaknya MicroSD sesaat setelah berhasil menerapkan trick diatas.


 Itu tadi tip dan trick alternative 'Mengosongkan Memory Internal Android' dari Gembos. Semoga bermanfaat. Have a good day dan tetap semangat. ありがとう, terimakasih telah berkunjung ke - Blog Saya. ^_^v