10 Tips SEO untuk Website Baru

10 Tips SEO untuk Website Baru


Search Engine Optimization (SEO), merupakan bagian krusial untuk mengarahkan pelanggan ke website dan bisnismu. SEO lebih kepada seni dibandingkan sekedar pengetahuan.


 Setiap website baru ataupun lama harus bisa menarik perhatian. Bagaimana cara pengunjung menuju ke website haruslah menjadi hal yang kamu perhatikan. Apakah mereka datang ke website dengan mengetikkan URL ke browser atau mereka mengklik tautan yang muncul pada website lain ataukah mereka menemukanmu dari search engine? Apapun cara mereka, hal utama yang harus kamu perhatikan adalah trafik yang datang dari search engine.

 Berikut ini beberapa strategi  yang harus diketahui oleh website baru agar bisa menumbuhkan trafik:

1. Kurangi ekspetasi

 Website baru belumlah dipercaya, masih sedikit halaman yang dipunyainya dan masih sedikit sekali konten unik yang disimpannya. Bagi website baru, akan butuh waktu agar bisa meraih ranking pada search engine. Setidaknya, dengan menerapkan strategi SEO yang benar, dibutuhkan waktu enam bulan agar pendekatan SEO yang kamu jalankan bisa terlihat hasilnya.

 Website baru harus pula memfokuskan diri pada rencana jangka panjang. Kamu harus punya rencana untuk membangun kepercayaan, secara konsisten membangun konten yang teroptimalisasi dan yang paling penting, mempermudah calon pelanggan agar bisa menemukan wibsitemu.

2. Membangun kepercayaan

 Website baru belum mendapat kepercayaan dari search engine. Kepercayaan haruslah dibangun. Ada banyak cara untuk membuat search engine menganggap websitemu layak untuk dipercaya. Salah satunya dengan kreasi konten. Kamu harus konsisten dalam menciptakan sebuah konten sehingga bisa menghasilkan lebih banyak tautan menuju websitemu.

 Akan lebih baik lagi jika kamu bisa meraih kepercayaan dari website yang telah besar. Jika mereka bersedia menautkan diri ke websitemu, maka menjadi langkah besar bagi websitemu untuk membangun kepercayaan. Tautan yang berasal dari universitas (domain .edu atau .ac), organisasi nirlaba (domain .org) atau perusahaan besar akan menunjukkan bahwa mereka percaya dengan websitemu.

3. Harus jadi ahli

 Pada tahap awal strategi SEO, kamu tidak akan menyaksikan peningkatan trafik pada websitemu. Fokuslah pada rencana jangka panjang, dimana kamu bisa menjadi raksasa melalui SEO. Hal yang harus kamu lakukan adalah menjadi ahli dibidang tertentu. Jika kamu menjadi ahli pada komunitas tertentu, maka kamu akan menghasilkan tautan dari website lain ke website mu. Faktanya, search engine menggunakan keahlian sebagai salah satu faktor dalam meranking halaman pada hasil pencarian.

4. Ciptakan konten

 Kreasi konten adalah hal penting yang harus dilakukan oleh semua website. Ada tiga hal yang harus kamu pertimbangkan dalam menciptakan konten: Kamu harus membuat konten sesering mungkin, seimbangkan antara kecepatan kreasi konten dengan kualitas konten yang dihasilkan dan jangan hanya mengandalkan SEO. Kamu juga harus punya strategi untuk mempromosikan konten secara efektif dan strategi membangun tautan untuk konten yang kamu produksi.

5. Bangun inbound links

 Selain fokus agar semakin banyak website yang menautkan diri ke websitemu, kamu juga harus membangun tautan kedalam website mu alias inbound links. Pastikan tautan yang kamu buat sealami mungkin. Dengan inbound links, kamu bisa menghubungkan antar konten di dalam website sehingga pelanggan akan bisa lebih mudah  menemukan apa yang kamu tulis.

6. Eksis di social media

 Social Media sebelumnya tak pernah dibahas dalam strategi SEO. Tapi zaman telah berubah dan mau tidak mau strategi SEO juga harus memperhatikan percakapan di social media. Google saat ini telah merayap pada percakapan di tweet serta media social lainnya. Search engine lain juga menyusul apa yang telah dilakukan oleh google. Gambaran sederhana tentang pentingnya social media, jika kamu punya banyak teman di social media, maka setidaknya akan ada lebih banyak orang yang membuka websitemu. 


7. Tautkan diri ke website lain

 Sebagian besar website mencoba menimbun tautan dan tidak menautkan diri dengan website lain. Memang pada kenyataannya sulit bagi website baru untuk meminta website yang telah mapan untuk menautkan diri dengannya, namun bukan berarti lalu kamu terus menutup diri.

 Hubungan yang baik akan lebih bermanfaat ketimbang dari sebuah tautan. Jadi jika kamu memberi ulasan pada website lain atau hanya sekedar menautkan diri ke mereka atau sekedar memberikan komentar bahwa kamu menyukai web mereka, semuanya itu akan menjalin hubungan yang baik antara website mu dengan mereka. Harapannya, mereka memberikan umpan balik posotif, misalnya mengklik tombol like pada akun facebook mu atau bahkan hingga menautkan diri ke website mu.


8. Buat lebih banyak tautan

 Untuk mengatasi kekurangan tautan dari pihak luar, kamu bisa menjalankan trik pada website dengan menciptakan lebih banyak tautan di halaman. Kamu harus mempunya strategi untuk saling menautkan halaman pada website mu. Konten pada halaman harusnya ditautkan satu sama lain dengan gaya seperti pada Wikipedia.

9. Apa yang kamu inginkan dari SEO

 Berada pada rangking 10 besar atau bahkan 5 besar pada berbagai  macam kata kunci pencarian haruslah menjadi tujuan utama bagi website mu. Jika kamu bisa meraih tujuan ini dengan website baru mu dalam waktu yang secepat mungkin, maka kamu telah meraih keuntungan besar. 

 Selain tujuan utama di atas, strategi SEO yang kamu jalankan harus mempunyai tujuan-tujuan lain, diantaranya, menjual produk atau layanan, atau ingin mendapatkan jumlah orang yang membuat akun di websitemu dan sebagainya. Tujuan yang penulis maksudkan tersebut  juga dikenal dengan nama konversi. Seorang pemilik website harus bisa membedakan kata kunci mana yang menghasilkan konversi yang tinggi dan kata kunci mana yang tidak menghasilkan konversi.

10. Lebih berwarna

 SEO tradisional hanya berkutat pada bagaimana menuliskan konten. Konten pada website pun telah bergeser, tidak hanya berisi tulisan tapi juga telah menyertakan video. Banyak orang telah membuat video dan mengelola channel di youtube dan telah dikaitkan dengan website mereka. 

 Sekian tips SEO dari saya. semoga bermanfaat. Ingat! Selalu hargai karya orang lain. Have a nice day dan terima kasih telah berkunjung ke - Blog Saya. ありがとう。:)