Menggenjot Trafik dengan Social Sharing

Menggenjot Trafik dengan Social Sharing


Hallo... :D Selamat Pagi...! おはよう...!Apa kabar kalian? お 元気ですか?Yang sakit semoga lekas sembuh dan yang sehat, jangan lupa olahraga, perhatikan pola makan, dan istirahat yang cukup ya. :) Langsung saja ya...

Ingin meningkatkan trafik pada konten blog-mu? Pernahkah terpikir olehmu untuk meningkatkan trafik dengan cara semakin banyak berbagi di media social?

SEO dan media sosial telah menjadi dua bagian yang tak terpisahkan. Berbagi di media sosial pun menjadi hal yang penting sekali bagi brandmu agar bisa eksis di hasil pencarian. Tapi bagaimana caranya agar konten blog/website mu bisa lebih banyak dibagi ke orang lain? 

Nah, kali ini Saya akan membahas tentang bagaimana meningkatkan trafik pada blog/website dengan cara lebih banyak berbagi di media social.

 1. Kenali Kata Kunci Populer

Perhatikan stock dari konten yang kamu punya. Topik apa yang populer di kalangan audiens? Gunakan Google Analystics untuk mencari konten dan kata kunci populer. Jika kamu menggunakan plugin social sharing seperti Shareholic atau Digg-digg maka kamu akan bisa mendapatkan free analystics pada kontenmu yang paling populer sehingga kamu bisa mempelajari apa yang diinginkan audiens.


 2. Temukan Pengaruh Sebuah Tren

Ketahui apa yang paling dipikirkan oleh pembaca. Apa yang sedang dibicarakan orang-orang dan bagaimana caranya kamu bisa bergabung ke percakapan dengan konten yang unik. Di sinilah kamu harus bisa "mendengar". Utamakan untuk mendengar terlebih dulu, bukanlah lip service ini adalah hal vital.

Berikut ini beberapa tool yang akan membuatmu mendengar lebih efisien:
  • LinkedIn, adalah tool yang dikhususkan bagi blogger B2B. Ikuti topik atau channel yang terkait dengan industrimu dan lihat apa yang paling sering dibagi.
Setelah mengidentifikasi percakapan yang sedang terjadi, maka kamu harus berpikir tentang bagaimana menggunakan informasi tersebut pada posting blog/website. Agar bisa mengetahui pengaruh sebuah tren, maka pertimbangkan beberapa sudut pandang berikut ini:
  • Opini dari seseorang yang ahli.  
  • Data. Apakah kamu punya data yang terkait dengan tren? Jangan asal sembarangan posting meskipun mengikuti tren. Postingan tanpa data akan dilihat sebagai postingan sampah bagi audiens. 
  • Survei. 
  • Humor. Orang menyukai guyonan atau apapun yang lucu dan menghibur. Sertakan humor ke dalam konten yang kamu bagi.

 3. Bikin Headline yang Menggigit

Bagaimana caranya mengoptimalkan salinan kontenmu agar dibagi oleh banyak orang? Mudah sekali. Investasikan waktu, tenaga, dan pikiranmu untuk membuat headline yang menarik.

Headline pada blog/website bisa menjadi bagian terpenting dari posting blog karena headline merupakan kesan pertama yang akan diingat oleh audiens. Copyblogger, setidaknya memberikan empat hal yang harus ada pada headline.
  • Berguna. Apa manfaat yang didapat pembaca dari posting blog/website-mu? 
  • Sangat spesifik. Apa yang dapat dipelajari dari posting blog/web-mu? 
  • Unik. Apakah postinganmu benar-benar unik? 
  • Urgen. Kenapa audiens harus membaca postinganmu sekarang juga?
 Perhatikan keempat hal tersebut di atas agar headline yang kamu tulis berkualitas.


 4. Optimalkan Konten

Pertimbangkan untuk selalu memvisualkan promosi pada media sosial. Untuk lebih menegaskan konten yang kamu promosikan, kamu tak bisa hanya menyalin dan menempel (copy-paste) konten yang sama pada setiap saluran media sosial. Jika kamu ingin membagikan konten blog/website mu ke Google+, perhatikan tiga buah elemen penting yaitu featured image, page title dan meta description.


 5. Jangan Hanya Menunggu

Linkedin
Selamat, kamu telah menjadikan kontenmu sebagai konten yang bisa di bagi ke media social. Tak ada lagi menunggu mulai hari ini, kamu harus menuliskan konten yang seinformatif mungkin, misalnya saja tips ringan untuk para pembacamu.

Buat para pengunjung blog/website mu untuk medaftarkan diri ke blog/website mu agar mereka bisa menyimak postinganmu di masa depan. Berikan tautan ke konten lama agar pembaca senantiasa terkait dengan blog/website mu. Arahkan pengunjung ke konten terkait/posting populer lainnya. Jadikan blog/website mu sebagau real estate bagi para pelanggan/pembaca/pengunjung. Berikan kesempatan kepada mereka untuk membagi kontenmu ke pengguna media sosial lainnya.

Sekian dari saya. semoga bermanfaat. Ingat! Selalu hargai karya orang lain. Have a nice day dan terima kasih telah berkunjung ke - Blog Saya. ありがとう。:)