Moving apps to the second partition

Moving apps to the second partition


Pagi....! おはようございます!Bagaimana kabarnya? お元気ですか?Semoga baik - baik saja ya, amiiiin. Yups, pada tulisan saya ini saya akan membahas tentang bagaimana cara memindahkan aplikasi ke partisi ke-2 sdcard (sdext2). Tanpa panjang lebar lagi ayo kita mulai.

Syarat wajib Handheld dalam status ROOT. Kemudian install aplikasi Link2SD. Ingat! Link2SD jangan dipindahkan ke sdext2. Memindahkan aplikasi sebaiknya dilakukan ketika tidak memperbarui bloatware serta tidak ada aplikasi pihak ketiga yang terinstall kecuali Link2SD. Jika terlanjur menginstall banyak aplikasi serta melakukan pembaruan bloatware, kamu ada ditempatnya.

  • Partisi MicroSDnya. Keluarkan dari handheld, pindahkan sementara file - file yang ada didalamnya ke harddisk PC/Laptop kamu kemudian partisi MicroSDnya menggunakan Minitool Partition. Bingung Class berapa yang harus digunakan?, bebas kok, mau Class4 atau Class10 semua sama, memang sangat disarankan yang Class10 tapi pada prakteknya, saya memakai Class4 VGen dan semuanya berjalan lancar. Kemudian kapasitas minimun MicroSD sebaiknya 8GB, di partisi menjadi dua ; Partisi pertama 6.5GB dengan file system fat32 dan partisi kedua 1.5GB dengan file system ext4 (recommended). Saya sarankan besaran maksimum untuk parisi sdext2 atau partisi kedua adalah 1.5GB. 

Sedikit penjelasan ; ada perbedaan antara sdext2 dengan ext4. sdext2 adalah jenis partisi sedang ext4 adalah jenis file systemnya. Karena Android berbasiskan Linux maka file system yang dipakai di Android sama persis dengan yang ada di Linux (ext2, ext3, ext4 etc).















  • Perhatikan keenam SS diatas. Apabila aplikasi bertipe (-Odex-), disarankan untuk tidak dipindahkan ke sdext2 sedang aplikasi bertipe (-Diperbarui-), dengan leluasa bisa kita pindahkan. Tapi ada baiknya sebelum memindahkan sebuah aplikasi, perhatikan kalimat (Link simbolis - Sistem aplikasi tak seharusnya di link-kan ke SDCard). Jika mendapati tulisan tersebut, urungkan niat untuk memindahkannya.
Nah, itu tadi bahasan serta tip dan tricknya, tinggalkan komentar ya. Semoga tutorial ini dapat membantu. Mohon maaf bila tulisan Saya masih berantakan dan terima kasih telah menyempatkan waktunya untuk berkunjung ke - Blog Saya. ありがとう。(^_^)v