Deleting bloatware on Android

Deleting bloatware on Android


Pada tulisan saya kali ini, saya ingin membagi tip dan trick menghapus bloatware atau biasa yang kita tahu aplikasi bawaan ponsel. Bagi yang memakai ponsel Android Samsung Galaxy series tentunya akrab dengan aplikasi ThinkfreeOffice dan ChatON, benar bukan?. Nah! Aplikasi - aplikasi tersebut termasuk dalam aplikasi system yang memiliki hak akses SuperUser tetapi sangat aman untuk di hapus bila kita menginginkannya, artinya : bila aplikasi tersebut di hapus, di pastikan tidak akan menggangu system Android secara keseluruhan apalagi sampai mengakibatkan bootloop bahkan hardbrick (mati total). Banyak cara yang bisa di lakukan untuk menghapus bloatware, namun syarat wajibnya adalah ; ponsel Android harus dalam status ROOT. 
Beberapa hari yang lalu saya mendapat update firmware terbaru Galaxy Ace Plus saya. Setelah saya download, install kemudian restart ponsel saya, saya mendapati adanya sebuah aplikasi ; Google Play Music. Aplikasi tersebut tidak lebih bagus dari aplikasi Musik, aplikasi audio player yang ada pada Android GingerBread. Saya ingin menghapus aplikasi Google Play Music tersebut, kamu juga mau melakukannya?, ikuti tutorialnya ya :
  • Pastikan ponsel dalam keadaan ROOT. 
  • Install aplikasi ROOT UnIstaller. 
  • Centang USB Debug. Pada aplikasi ROOT UnIsntaller, mencentang USB Debug merupakan syarat wajib bila kita menginginkan untuk meng-uninstall, mem-freeze sebuah aplikasi system bahkan me-resetnya.
  • Sentuh UnInstall kemudian restart ponsel kamu. Ta.. Da.. Aplikasi Google Play Musicnya sudah hilang dari Android kesayanganmu. (^_^) Mudah bukan?
Nah, itu tadi tip dan tricknya, tinggalkan komentar ya. Semoga tutorial ini dapat membantu, mohon maaf bila tulisan Saya masih berantakan dan terima kasih telah menyempatkan waktunya untuk berkunjung ke - Blog Saya. ありがとう。(^_^)v